Pilkades Serentak 8 Desa di Karimun, Sejumlah Petahana Tersingkir

Pilkades Serentak 8 Desa di Karimun, Sejumlah Petahana Tersingkir

Ilustrasi

Karimun, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak dalam waktu dekat. Ada 8 desa yang akan menggelar pesta demokrasi ini.

Desa- desa tersebut yakni, Desa Pongkar Kecamatan Tebing, Desa Pangke Barat Kecamatan Meral Barat, Desa Sugie dan Desa Tanjung Pelanduk di Kecamatan Moro, serta Desa Parit Kecamatan Karimun.

Selanjutnya, Pilkades dilakukan di Desa Tanjung Hutan Kecamatan Buru dan Desa Tanjung Kilang serta Desa Telaga Tujuh di Kecamatan Durai.

Baca juga: Karimun Waspadai Gelombang III Corona, Rafiq: Jangan Terlalu Euforia

Selain petahana yang ikut bertarung, calon-calon kades baru ikut berpartisipasi merebutkan kursi nomor satu di masing-masing desa. Seperti di Desa Pongkar, calon Kades yang maju ialah Abdul Jamal dan Zahir selaku petahana. Dimana Zahir kembali terpilih menjadi kades.

"Hasilnya, sementara petahana unggul dengan 857 suara dan pesaingnya mendapatkan 434 suara,'' ujar Camat Tebing, Abdul Gafar, Kamis (21/10/2021).

Sebelum pencoblosan Pilkades Desa Pongkar, juga dipantau oleh Asisten I dengan melakukan video konferensi dengan Dirjen Bina Desa dan menjadi satu-satunya desa di Provinsi Kepri yang dipilih untuk menyampaikan kesiapan pelaksanaan Pilkades serentak 2021.

Kemudian, pemilihan di Kecamatan Meral Barat, ada tiga calon maju, dimana salah satu calon seorang perempuan. Hal itu disampaikan oleh Camat Meral Barat, MT Tarigan.

 

Adapun calon dan hasilnya adalah, Kamsimah yang mendapatkan 476 suara. Kemudian, lawannya Junaedi mendapatkan 294 suara dan M Naeb mendapatkan 369 suara.

"Pleno suara belum dilaksanakan. Rencananya malam hari akan dilaksanakan. Namun, data yang kita peroleh, Pilkades sementara dimenangkan oleh peserta dengan nomor urut satu. Bisa dikatakan, untuk pertama kalinya Pangke Barat akan dipimpin seorang kades perempuan," kata Camat Meral Berat.

Kemudian, untuk di Kecamatan Moro, tepatnya di Desa Sugi dimenangkan oleh petahana yakni, Mawasi.

Baca juga: Pilkades Serentak Tiga Desa di Bintan 23 November 2021

"Hasil sementara masih tetap dimenangkan oleh petahana. Yakni, Mawasi dengan jumlah suara 461. Sedangkan, lawan lainnya, Djuniman mendapatkan 370 suara. Kemudian, Rafiq dapat 143 suara dan terakhir Jasriadi hanya mendapatkan 30 suara," kata Camat Moro, Khiadir.

Sementara, untuk Tanjung Pelanduk yang juga berada di Kecamatan Moro, ada lima calon yang ikut. Yang diketahui kesemua calon merupakan orang baru dan tidak diikuti petahana.

Peraih suara sementara terbanyak Yusri dengan 199 suara. Kemudian, Arman meraih 190. Kontestan lainnya, Herman mendapatkan 11 suara, Sandra 42 suara dan Rasid 105 suara.

"Alhamdulillah, Pilkades di dua desa berjalan dengan aman dan lancar. Ada aparat TNI dan Polri yang siaga melakukan pengamanan," ucap Camat.

 

Lalu, dari data yang dihimpun, untuk Pilkades Parit diikuti lima orang termasuk Basri selaku petahana. Namun, hasil perolehan suara setelah dilaksanakan pleno, Basri tidak mampu mempertahankan posisinya. Bahkan, perolehan suaranya paling sedikit dibandingkan dengan empat kontestan lainnya.

Untuk pemenang Pilkades Parit, dimenangkan oleh Rizli dengan perolehan suara 331 suara. Kemudian, kontestan lain Fakhrurazi mendapatkan 314 suara, M Arief 202 suara, Sudirma 91 suara dan Basri 80 suara.

Pilkades di Kecamatan Buru di Desa Tanjung Hutan, yang mana diikuti tiga orang kontestan. Hasil perolehan suara sementara kontestan nomor urut tiga, Arpandi yang merupakan perangkat desa mendapatkan suara terbanyak dengan jumlah 526 suara.

Baca juga: Lingga Sukses Gelar Pilkades, Hanafi Ekra: Kades Ujung Tombak Pembangunan Desa

Kemudian, kontestan nomor urut satu Abdul Rahim mendapatkan 484 suara dan Asnawi nomor urut dua mendapatkan 65 suara. Selanjutnya, untuk Kecamatan Durai ada dua desa yang melaksanakan Pilkades. Yakni, Desa Tajung Kilang dan Desa Telaga Tujuh.

Di Tajung Kilang diikuti tiga orang kontestan. Perolehan suara terbanyak semetara diraih kontestan nomor urut dua M Azwan dengan 403 suara. Kemudian, kontestan nomor  urut satu, Khairiu mendapatkan 321 suara dan kontestan nomor urut tiga, Budiyar mendapatkan suara 59 suara.

Di Desa Telaga Tujuh, Pilkades diikuti 5 orang kontestan. Perolehan suara sementara terbanyak diraih kontestan nomor urut empat, Ashari dengan jumlah 451 suara. Kemudian, empat kontestan lainnya, seperti Aprizal mendapatkan 185 suara, Ismail Ibrahim 157 suara, Abdul Rahim 32 suara dan M Zainul 183 suara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews