Kasus Puskesmas Tanjungbuntung, Kadinkes Batam: Ini Kelalaian Keluarga Korban

Kasus Puskesmas Tanjungbuntung, Kadinkes Batam: Ini Kelalaian Keluarga Korban

Kadinkes Batam, Didi Kusmarjadi. (Foto: Yude/Batamnews)

Batam, Batamnews - Kasus dugaan penelantaran pasien di Puskesmas Tanjungbuntung tengah ramai menjadi sorotan warga Kota Batam.

Seorang korban tenggelam, Meri Nainggolan harus menunggu dokter jaga yang tidak ada di puskesmas kala itu. Gadis remaja itu meninggal dunia.

Pihak keluarga menyesalkan jika di puskesmas tak ada dokter jaga maupun sopir ambulans. Mereka menunggu 1,5 jam sebelum membawa Meri ke RS Budi Kemuliaan dengan mobil pak RT.

Baca juga: Terungkap! Sejumlah Permasalahan Puskesmas di Batam

 Sementara dokter jaga tidak bisa dihubungi begitu juga dengan sopir ambulans. Kebetulan kunci mobil ambulans dipegang sopir bersangkutan.

Warga yang menolong Meri korban tenggelam dan pihak keluarga merasa ditelantarkan. Sementara itu nyawa Meri tak bisa tertolong lagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi usai RDP di DPRD Kota Batam, Selasa (19/10/2021) siang mengatakan, jika korban meninggal dunia bukan karena kelalaian pihak puskesmas.

“Karena berita yang beredar kan ini kelalaian, kelalaian dari pihak kita. Padahal kan menurut kami ini kelalaian dari pihak keluarga. Pihak keluarga yang telat mengetahui korban tenggelam. Karena video yang tersebar ini juga sepotong-sepotong, tidak menceritakan dari awal dia datang dalam keadaan seperti apa,” kata Didi.

Didi menceritakan kronologi kejadian tersebut di depan anggota Komisi IV DPRD Kota Batam.

Baca juga: Buntut Kasus Tanjungbuntung, DPRD Batam Panggil Semua Kepala Puskesmas

 Dalam kronologi itu, Didi mengatakan bahwa pengakuan dari bidan yang memeriksa korban pada saat itu sudah mengetahui kalau korban meninggal dunia. 

Namun dia grogi, dan tidak percaya diri untuk memberi tahu keluarga bahwa korban sudah meninggal dunia. “Sudah diperiksa nadinya, sudah tidak ada. Terus waktu diperiksa matanya, pupil mata sudah melebar,” ungkap Didi.

(ude)