Fakta Baru Kasus Dugaan Penelantaran Pasien di Puskesmas Tanjungbuntung

Fakta Baru Kasus Dugaan Penelantaran Pasien di Puskesmas Tanjungbuntung

Rapat dengar pendapat DPRD Batam bersama kepala-kepala puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Batam. (Foto: Yude/Batamnews)

Batam, Batamnews - Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengungkapkan jika ada fakta baru yang mereka peroleh dari dugaan penelantaran pasien di Puskesmas Tanjungbuntung.

Dijumpai usai rapat dengar pendapat (RDP) di DPRD Batam, Selasa (19/10/2021) siang, Didi mengatakan jika korban tenggelam itu sebenarnya sudah meninggal saat dibawa ke Puskesmas Tanjungbuntung.

Baca juga: Terungkap! Sejumlah Permasalahan Puskesmas di Batam

“Karena berita yang beredar kan ini kelalaian, kelalaian dari pihak kita. Padahal kan menurut kami ini kelalaian dari pihak keluarga. Pihak keluarga yang telat mengetahui korban tenggelam. Karena video yang tersebar ini juga sepotong-sepotong, tidak menceritakan dari awal dia datang dalam keadaan seperti apa,” kata Didi.

Saat ini kepolisian memanggil sejumlah orang termasuk Kepala Puskesmas Tanjungbuntung yang baru, dr Pra Reda untuk mengambil keterangan. Sedangkan untuk pemeriksaan Kepala Puskesmas yang lama, Suryani, Didi mengatakan belum mengatahui apakah dia sudah diperiksa pihak kepolisian atau belum.

“Tapi nanti kalau ada indikasi ke arah sana (kelalaian), saya rasa polisi akan memanggil dia (Kapus lama). Yang bersangkutan kan sekarang sudah bertugas di RSUD. Termasuk dokter jaganya akan dipanggil, sementara polisi hanya mengumpulkan keterangan saja dari pihak puskesmas,” ucap Didi.

Pada saat RDP, Didi juga menceritakan kronologi kejadian tersebut di depan anggota Komisi IV DPRD Kota Batam.

Baca juga: Kasus Memalukan Puskesmas Tanjungbuntung Diselidiki Polisi

Dalam kronologi itu, Didi mengatakan bahwa pengakuan dari bidan yang memeriksa korban pada saat itu sudah mengetahui kalau korban meninggal dunia. 

Namun dia grogi, dan tidak percaya diri untuk memberi tahu keluarga bahwa korban sudah meninggal dunia. “Sudah diperiksa nadinya, sudah tidak ada. Terus waktu diperiksa matanya, pupil mata sudah melebar,” ungkap Didi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews