Hang Nadim Batam Siapkan Alat Tes Cepat Pengganti PCR Jelang Travel Bubble

Hang Nadim Batam Siapkan Alat Tes Cepat Pengganti PCR Jelang Travel Bubble

Bandara Hang Nadim Batam.

Batam, Batamnews - Menyambut dibukanya pintu kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Kepulauan Riau (Kepri) melalui Batam, Management Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam tengah berusaha melengkapi kekurangan persyaratan yang dibutuhkan di bandara.

Terbaru saat ini, pihak Hang Nadim Batam sedang melakukan rapat lanjutan membahas mengenai flow atau rute khusus yang akan dilalui Wisman saat tiba di Bandara Hang Nadim Batam.

"Saat ini tengah persiapan rapat mas. Rapat kali ini kita fokus dalam rute bagi Wisman yang baru tiba," ucap General Manager Hang Nadim Batam, Bambang Soepriono, Senin (18/10/2021).

Baca juga: BPS: Kunjungan Wisman Belum Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Batam

Salah satu poin yang juga akan dibahas adalah menjalin kerjasama dengan salah satu Laboratorium di Indonesia, dalam penyediaan Alat Tes Cepat Melekurel (TCM) sebagai pengganti PCR.

"Ini juga merupakan satu poin penting, yang jawabannya harus kami selesaikan hari ini. Dan dengan RSBP (Rumah Sakit Badan Pengusaha) Batam yang akan membantu mencari laboratorium terbaiknya,” ungkapnya.

Bambang menjelaskan, nantinya dengan alat TCM ini para Wisman hanya membutuhkan waktu satu jam dalam pengecekan ulang PCR saat tiba di Hang Nadim Batam.

Hal ini tentunya sangat berbeda dengan pemeriksaan PCR, yang normalnya memakan waktu hingga 8 jam guna mengetahui hasilnya.

Baca juga: Wisatawan Sudah Vaksin Penuh Tak Perlu Karantina di Singapura

Salah satu hal lain yang mewajibkan alat TCM tersebut digunakan di Bandara Hang Nadim adalah kewajiban yang harus ada di seluruh penerbangan Internasional.

"Sehingga harus dan wajib alat ini ada di Bandara. Selain itu, Kita juga sedang siapkan flow-flownya seperti apa. Dan mudah-mudahan siang ini sudah kita ketahui hasilnya pasca-rapat dengan KKP, TNI AU, Bea Cukai dan institusi terkait di Bandara Hang Nadim," ucap Bambang.

Sebagaimana diketahui, akan dibukanya program travel bubble di Kepri khususnya untuk wilayah Batam dan Bintan, maka segala bentuk kesiapan terutama di bandara dan pelabuhan yang menjadi akses utama keluar dan masuknya turis mancanegara harus segera dilakukan.

Adapun kesiapan Kepri dalam menyambut wisman yang diputuskan oleh Satgas Covid-19, diantaranya adalah bandara Hang Nadim Batam yang di tunjuk untuk melakukan pelayanan wisman dan PMI, pelabuhan laut Nongsa Batam untuk wisman dan PMI, pelabuhan Batam Centre melayani PMI dan pelabuhan BBT Lagoi melayani Wisman.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews