Proyek TMMD di Setokok Berakhir, Warga: Jalan Kami Tak Licin Lagi

Proyek TMMD di Setokok Berakhir, Warga: Jalan Kami Tak Licin Lagi

TMMD di Batam resmi berakhir (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 di Kampung Tekuk Air, Kelurahan Setokok, Kecamatan Galang, resmi ditutup Pangdam I/Bukit Barisan (BB), Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Hassanudin, Kamis (14/10/2021).

"Pelaksanaan kegiatan TMMD ke-112 ini, berjalan dengan tertib, aman, dan lancar serta mencapai sasaran yang telah ditentukan," ujar Dansatgas TMMD ke-112  tahun 2021, Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan.

Dikatakannya, pelaksanaan TMMD ini dimulai pada 15 September-14 Oktober 2021, dengan lokasi sasaran Kampung Teluk Air, Kelurahan Setokok, Kecamatan Sembulang, Kota Batam. Adapun hasil kegiatan yang dilaksanakan yakni berupa kegiatan fisik dan non fisik.

Baca juga: Pemko Batam Gelontorkan Rp 1,8 Miliar Dukung TMMD ke-112

"Kegiatan fisik berupa pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 1,7 kilometer, lebar 8 meter dan pemasangan gorong-gorong di dua titik dan semenisasi jalan sepanjang 200 meter dengan lebar 4.2 meter," kata Sigit.

Ada kegiatan fisik tambahan berupa semenisasi jalan sepanjang 593 meter, lebar 4.2 meter, serta gorong-gorong di dua titik.

Sementara itu, hasil kegiatan non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan dampak penyebab protkes Covid-19, penyuluhan koperasi dan UMKM, penyuluhan hukum disiplin lalu lintas, penyuluhan bahaya penggunaan narkoba serta penyuluhan posyandu seluruhnya telah dilaksanakan 100 persen.

Ditempat yang sama, Komandan Korem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu melalui Pjs Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) Mayor Inf Reza Fahlevi menyampaikan bahwa pembukaan jalan untuk masyarakat Setokok sudah berakhir.

 

"Pembuatan jalan baru dari bibir jalan besar hingga ke kampung Setokok dulunya tidak ada jalan sama sekali. Dengan adanya TMMD ini kami membuka jalan baru dengan panjang jalan dari bibir jalan hingga ke kampung ini, kurang lebih 1 hingga 2 kilometer," ujar Reza.

"Yang sudah di semenisasi yakni sekitar 200 kilometer, dan rencana kedepan akan di dukung lagi oleh Pemerintah Kota Batam untuk kurang lebih 700 meter lagi," sambungnya.

Dijelaskan Reza, untuk kegiatan TMMD ini setiap tahun dilakukan di wilayah Korem 033/WP selalu berganti-gantian tidak selalu di Kodim Batam saja. Namun selalu berpindah-pindah tempat.

Baca juga: TMMD di Lingga Bangun Jalan Buka Keterisoliran Desa Marok Tua

"Kami berharap dengan adanya jalan seperti ini, masyarakat bisa menjaga dan merawat agar bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam kurun waktu yang lama," harap Reza.

Ia mengaku semua target berjalan sesuai dengan waktu yang di tetapkan bersama. "Selain kegiatan TMMD ini kita juga ada kegiatan vaksinasi untuk warga setempat, dan juga khitanan massal yang bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar," ungkapnya.

"Sekarang jalan kami sudah bagus, jalan kami sudah tidak licin lagi. Kami bisa mengantarkan anak kami ke sekolah dengan cepat dan hasil nelayan kami pun bisa kami salurkan keluar kampung dengan lancar tanpa harus melewati jalan becek lagi," kata Aty (43), salah seorang warga setempat.

Ia berharap mudah-mudahan TNI dan Polri tetap berjaya di masa depan.

(rez)