Pemkab Bintan Lanjutkan Pembangunan Masjid Agung Bandar Seri Bentan

Pemkab Bintan Lanjutkan Pembangunan Masjid Agung Bandar Seri Bentan

Proyek pembangunan Masjid Agung Bandar Seri Bentan di Bintan Buyu. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan, Batamnews - Pembangunan Masjid Agung Bandar Seri Bentan di Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan dilanjutkan pada 2021 ini, setelah sempat terkendala lantaran pandemi Corona.

Masjid Agung Bandar Seri Bentan yang memiliki luas 36x31 meter persegi yang memiliki bangunan 2 lantai itu dibangun dalam 3 tahap. 

Dimulai dari tahap pertama yaitu 2019 lalu dengan menelan Rp 8,2 miliar. Besaran dana itu untuk membangun pondasi khusus 2 lantai lalu sloof, kolom, lantai dasar (basement) di dak.

Kemudian pada 2020 dihentikan pengerjaannya karena tidak dialokasikan oleh APBD. Setelah ditunda 1 tahun akhirnya dilanjutkan kembali tahap 2 pada 2021 ini dengan alokasi Rp 3 miliar lebih. Yaitu Rp 2,877 miliar untuk fisiknya dan Rp 202 juta untuk pengawasan teknisnya.

"Tahun ini sedang dikerjakan lagi pembangunan masjidnya. Tapi tidak selesai di tahun ini juga karena ada tiga tahapan," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Bintan, Juni Rianto, Rabu (13/10/2021).

Pembangunan masjid tahap kedua ini sebenarnya dianggarkan sebesar Rp 5 miliar. Namun dikarenakan mendapatkan dua kali refocusing untuk penanganan Covid-19 maka terjadi pengurangan dengan alokasi pagu sebesar Rp 2,887 miliar.

Setelah dilelang, kata Juni, pengerjaan pembangunan tahap kedua masjid itu hanya menelan Rp 2,5 miliar. Besaran dana itu untuk mengerjakan kolom/tiang lantai 2 serta cor plat dak lantai 2 serta ring balok untuk kedudukan kubah masjid.

"Untuk pengerjaan tahap 3 belum tahu kapan. Karena pada tahun depan juga belum ada pembahasannya," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews