Pariwisata Menggeliat, Resort di Bintan Mulai Ramai Wisatawan Domestik

Pariwisata Menggeliat, Resort di Bintan Mulai Ramai Wisatawan Domestik

Sejumlah wisatawan domestik bersantai di sebuah resort kawasan Bintan, Kepri. (Foto: ist/batamnews)

Bintan, Batamnews - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 di Provinsi Kepulauan Riau perlahan membangkitkan sektor pariwisata, khususnya di Kabupaten Bintan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan, Wan Rudi Iskandar, mengatakan kunjungan wisatawan domestik mengalami kenaikan seiring PPKM turun level. Hal itu terbukti dari meningkatnya okupansi penginapan.

"Baik okupansi hotel maupun resort di Kawasan Lagoi dan Trikora naik. Apalagi di akhir pekan (weekend)," ujar Wan Rudi, Selasa (12/10/2021).

Untuk tingkat okupansi penginapan di Kawasan Pariwisata Lagoi khususnya weekend bisa mencapai 50-60 persen. Mereka berasal dari beberapa daerah, baik dari Bintan, Tanjungpinang, Batam dan lainnya.

Kemudian hunian di Kawasan Pantai Trikora khususnya resort-resort kecil seperti Madu Tiga, Hello Bintan dan lainnya capaian okupansinya 80-90 persen.

"Untuk hari biasa kunjungannya masih terbatas. Tapi kalau akhir pekan sangat ramai," jelasnya.

Untuk buka border dari Singapura yang diwacanakan 14 Oktober 2021 ini semuanya siap. Khususnya Kawasan Pariwisata Lagoi, segala bentuk fasilitas dan penanganan di masa pandemi Covid-19 sudah tersedia.

"Hanya saja pihaknya sedang menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Pemerintah Pusat. Terutama regulasi terkait masa isolasi 3-5 hari, laboratorium PCR dan juga persiapan blue pass untuk wisatawan di-tracking," ucapnya. 

(ary)