Wagub Marlin Dorong UMKM Kepri Go Internasional

Wagub Marlin Dorong UMKM Kepri Go Internasional

Marlin saat menghadiri Hari Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 secara virtual yang dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kamis (23/9/2021) dari Graha Kepri, Batam.

Batam, Batamnews - Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Marlin Agustina mengajak semua elemen masyarakat untuk turut serta memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kepri apapun jenis produknya.

Kemajuan dan kesuksesan UMKM tak lagi semata-mata tanggung jawab pemerintah tetapi menjadi tanggung jawab bersama.

Ajakan itu disampaikan Marlin usai menghadiri Hari Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 secara virtual yang dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kamis (23/9/2021) dari Graha Kepri, Batam.

Baca juga: Alumni Akabri 96 Gelar Pelatihan UMKM Gandeng Easy Indonesia

Marlin mengatakan, semangat untuk memajukan UMKM menjadi tanggung jawab bersama tidak hanya di Kepri tetapi untuk seluruh Indonesia. Tujuannya tidak lain untuk menciptakan rasa bangga pada masyarakat Kepri dan  Indonesia memakai produk dalam negeri dan bangga berwisata dalam negeri. 

"Kami selaku pemerintah akan selalu mensupport UMKM dalam menciptakan produk-produknya. Salah satunya dengan mengadakan berbagai pelatihan untuk UMKM, termasuk pelatihan digital agar para pelaku UMKM bisa Go Internasional," kata Marlin.

Tidak itu saja, dukungan lain pada produk UMKM, tambah Marlin bisa dengan mewajibkan para ASN memakai produk dalam negeri seperti pakaian batik. Beberapa kelompok masyarakat saat ini secara rutin telah dilatih membatik dan menenun dengan ciri khas daerah masing-masing.

Baca juga: UMKM Kepri Sudah Bisa Manfaatkan Pinjaman Lunak Tanpa Bunga

Begitu juga dengan aneka kuliner khas Kepri. Bisa disajikan pada setiap kegiatan pemerintah dan masyarakat. Dengan demikian usaha para pelaku UMKM bisa semakin maju karena pemasarannya jelas, belum lagi pada destinasi wisata. 

"Saya sangat optimis produk UMKM kita bisa semakin maju bila kita bersama-sama membantu, baik dengan memakai, membeli dan memasarkannya," tukas Marlin.

Pada kesempatan itu, Ibu Negara Iriana Jokowi menegaskan bahwa sudah saatnya UMKM Indonesia menjadi kekuatan ekonomi baru. Tentu dengan meningkatkan kapasitas bisnis, jejaring bisnis, digitalisasi dan pameran produk UMKM.

Baik Iriana Jokowi maupun Wagub Marlin mengajak para pelaku UMKM tetap optimis mengembangkan usahanya. Mereka juga diminta untuk terus berinovasi dan kreatif sehingga bisnis terus berkembang.

(sut)