Lingga Usulkan Kuota BBM Tahun 2022 ke Pertamina, Berikut Rinciannya

Lingga Usulkan Kuota BBM Tahun 2022 ke Pertamina, Berikut Rinciannya

Bupati Lingga, Muhammad Nizar melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke PT. Pertamina (Persero) Divre Kepri di Kota Batam, Selasa (5/10/2021).

Lingga, Batamnews - Bupati Lingga, Muhammad Nizar melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke PT. Pertamina (Persero) Divre Kepri di Kota Batam, Selasa (5/10/2021). Kunker tersebut bertujuan melakukan kerjasama yang baik kepada Sales Retail Manager (SAM) berkaitan dengan kouta BBM.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga, Darmawan menyampaikan, permasalahan yang terjadi terkait proses penyediaan dan penyaluran BBM JBT dan JBKP di wilayah Kabupaten Lingga oleh penyalur harus segera teratasi.

Oleh karena itu, agar kepastian ketersediaan dan penyaluran BBM ke masyarakat tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu dan tepat sasaran peruntukannya, terutama BBM JBT (Jenis BBM Tertentu/BBM Subsidi), pemerintah perlu meningkatkan komunikasi yang lebih baik dengan PT. Pertamina (Persero) Divre Kepri.

Baca juga: Lingga dan Tiga Daerah di Kepri Terima Penghargaan dari BKN

"Dukungan secara tertulis dan lisan, kami harap dapat disampaikan ke BPH Migas terkait usulan kuota BBM JBT (Minyak Biosolar dan Minyak Tanah) dan BBM JBKP (Premium/ Minyak Bensin) untuk Tahun 2022, agar sesuai dengan yang diusulkan oleh pemerintah daerah," jelas dia sebagaimana laporan tertulis yang disampaikan Bupati Lingga.

Adapun besaran usulan BBM JBT dan JBKP tahun 2022 dari Pemerintah Kabupaten Lingga adalah yakni BBM JBT Minyak Tanah = 7.242 KL /Tahun, BBM JBT Minyak Solar = 16.355 KL/Tahun dan BBM JBKP Premium = 12.995 KL/ Tahun.

Menurutnya, mayoritas pekerjaan masyarakat Kabupaten Lingga berlatar belakang Nelayan, maka perlu disegerakan untuk dibangun Stasiun Pengisian BBM khusus Nelayan (SPBN). Berdasarkan data yang ada, kebutuhan minyak untuk kouta sejumlah = 12.506. 537 Liter/Tahun atau hampir = 13.000 KL/Tahun.

Baca juga: Wujudkan Kesetaraan Gender, Lingga Terima Anugerah Parahita Ekapraya

"Pemerintah daerah sudah merekomendasikan 2 calon penyalur baru untuk membuka SPBN tersebut yang berlokasi di Desa Tajur Biru Kecamatan Temiang Pesisir, dan Desa Penuba di Kecamatan Selayar," jelas dia.

Pemerintah daerah juga mengundang SAM Retail PT. Pertamina (Persero) Divre Kepri bersama Tim untuk berkunjung ke Kabupaten Lingga, guna melihat langsung kondisi real dari setiap penyalur yang ada di daerah.

Dia berharap kedatangan pihak PT bisa memberikan penjelasan atau workshop dalam rangka perbaikan tata kelola yang baik pada proses penyediaan dan penyaluran BBM JBT dan JBKP pada pertemuan yang akan dilaksanakan bersama Penyalur dan Tim Pengawasan dan Pengendalian BBM JBT dan JBKP serta stakeholder terkait dalam waktu dekat ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews