Wujudkan Kesetaraan Gender, Lingga Terima Anugerah Parahita Ekapraya

Wujudkan Kesetaraan Gender, Lingga Terima Anugerah Parahita Ekapraya

Penghargaan langsung diterima Bupati dan Wakil Bupati Lingga, di Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Lingga, Batamnews - Pemerintah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI.

Penghargaan langsung diterima Bupati dan Wakil Bupati Lingga, di Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan yang diberikan kepada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah yang telah berkomitmen mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Baca juga: Warga Lingga Bikin Paspor Bisa Lebih Mudah dengan Layanan `Eazy Passport`

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-PPPA) Lingga, Kisan Jaya mengatakan, penghargaan yang diraih ini merupakan keberhasilan bersama.

"Untuk mendapatkan piala ini, didukung oleh semua instansi. Terutama bapak Bupati, Wakil Bupati dan Ibu Bupati dan DPRD kita, untuk bagaimana mengakomodasi anggaran untuk hal-hal yang berkaitan dengan PUG ini," kata dia, kemarin.

Sebagai Dinas teknis dalam menjalankan program dari Kemen PPPA ini, peran dari instansi-instansi juga sangat mendukung bagaimana menciptakan suasana lingkungan kerja bertarap PUG. Menurutnya dalam pelaksanaan program pembangunan, pemerintah daerah senantiasa mewujudkan pengarusutamaan gender.

"Dan alhamdulilah, kantor-kantor kita sudah ada misalkan WC untuk perempuan dan laki-laki, seperti ruang menyusui, tempat bermain anak atau parkiran kendaraan yang dikhususkan untuk laki-laki dan perempuan. Terlebih pada dinas-dinas yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat," jelas dia.

Baca juga: Maratusholiha Nizar Ingin PKK Lingga Timur Lebih Produktif

Lebih lanjut ditahun ini, menurut Kisan Jaya penghargaan APE untuk Kabupaten Lingga meningkat. Dari yang semula pada kategori Pratama naik menjadi kategori Madya.

Acara puncak Pemberian APE Tahun 2020, akan dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2021 mendatang secara daring, dalam side event Asean Ministerial Meeting on women (AMMW) ke-4.

"Setelah menerima penghargaan tadi, kami diminta mengumpulkan video testimonial atau video tapping atau foto dengan menampilkan Piala dan Piagam Penghargaan APE yang diterima," ujarnya.

"Kemudian, video testimonial atau foto tersebut akan ditayangkan pada Acara Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, tanggal 13 Oktober," pungkas Kisan Jaya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews