Sepeda Brompton Dulu Puluhan Juta, Kini Cuma Segini

Sepeda Brompton Dulu Puluhan Juta, Kini Cuma Segini

Pekerja memeriksa sepeda lipat brompton yang dijual di SpinWarriors, Tangerang Selatan, Kamis (15/9/2021). (Foto: CNBC Indonesia)

Batam, Batamnews - Harga sepeda 'sultan' Brompton di pasaran baru maupun bekas kini makin turun drastis. Tahun lalu harganya terbang karena 'digoreng' oleh sejumlah pedagang.

Tren penurunan harga sudah terjadi sejak awal hingga pertengahan tahun ini, sehingga kini mulai ke titik seimbangan baru mendekati akhir tahun.

Baca juga: Anjlok! Ini Harga Sepeda Brompton Sekarang

"Brompton harga distributor Rp 36 juta, terakhir saya cek di beberapa penjual sudah ada Rp 34 juta dan itu bisa ditambah bonus seperti helm atau tas. Brompton aja udah mulai turun ke situ," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo via CNBC Indonesia.

Pengakuan pedagang di toko sepeda baru di kawasan BSD, penurunan harga Brompton mencapai jutaan rupiah, berkebalikan dari tahun lalu yang naik jutaan rupiah.

"Waktu itu (2020) sampai Rp 37 juta M6R atau S6R, sekarang sudah turun ke Rp 34 juta, jadi kira-kira 10%," kata Pemilik toko sepeda Spin Warriors, Sonny Wahjudi via CNBC Indonesia.

Misalnya harga Brompton M6L Raw Lacquer pada tahun lalu mencapai Rp 41 juta, kemudian harganya turun landai sekitar Rp 37 juta di awal tahun. Kini banderolnya lebih murah lagi, di marketplace Tokopedia ada yang menjual rendah di angka Rp 35 juta.

Baca juga: Sekjen Kemensos Kembalikan Sepeda Brompton ke KPK

Model M6R BE Color dari semula Rp 43 juta kini sudah turun jadi Rp 39 juta. Kemudian M6R BE Lacquer yang semula di kisaran Rp 46 juta, sempat kembali ke angka Rp 42 juta. Saat ini harganya lebih turun lagi menjadi Rp 41 juta.

Adapun Brompton yang sempat menyentuh angka Rp 50 juta lebih adalah M6L Flame Lacquer hingga Rp 53,2 juta, padahal harga wajar Rp 38 juta. Kini sudah menyentuh Rp 37 juta.

Harga Second Juga Hancur

Di market place, mulai banyak bermunculan sepeda bekas Brompton dengan harga miring. Sebagian pemilik mengakui ingin menjualnya karena ada kebutuhan uang. Salah satunya pemilik Brompton Black S6L 2020 yang melego sepedanya dengan harga Rp 28,5 juta.

 

"Jual miring aja BU (butuh uang), COD Kelapa Gading-Mangga 2. Kondisi perfect keq baru. Low KM. Ban baru ganti Velotto Fantome, Spakbor masih ada, Buku juga ada," tulis penjual dilansir dari situs OLX.

Selain itu, ada juga yang menjual Brompton M6L Black Edition 2019 dengan harga Rp 31,5 juta. Penjual mengklaim kondisi mulus hanya lecet pemakaian di sekitar pedal. Semua bawaan pabrik made in London serta Box & Book lengkap.

Kemudian ada juga yang menawarkan M6Rx black titanium 2020. Tipe Superlight yang lebih ringan dari brompton biasa. Penjual menawarkan dengan harga Rp 45 juta.

"TURUN HARGA!!! Mulus, jarang dipakai, Lengkap dus buku, Bonus banyak: dus penyimpanan, tas, pompa manual, lampu, speaker JBL asli," tulis penjual.

(fox)