Jangan Berlebihan, Minum Teh Bisa Bikin Gigi Kuning

Jangan Berlebihan, Minum Teh Bisa Bikin Gigi Kuning

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Minum teh secara rutin memang menyehatkan. Namun ternyata, mengonsumsi teh terlalu sering juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning.

Dilansir dari The Take Out (9/9/2021), minuman yang dapat membuat gigi cepat kuning adalah teh. Banyak yang telah mengetahui kalau minuman sehat ini dapat menyebabkan warna gigi menjadi kuning.

Menurut Dr. Inna Chern seorang dokter gigi di New York, teh memiliki kandungan yang membuat gigi berubah warna menjadi kuninh. Bahkan, lebih dari kopi yang juga dapat menyebabkan gigi kuning.

"Memang benar teh dapat menodai gigi daripada kopi karena konsentrasi taninnya yang tinggi," kata Dr. Inna Chern.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Waktu Sarapan Terbaik untuk Diet

Tanin yang terkandung dalam teh adalah senyawa yang menghasilkan rasa pahit pada teh. Kandungan tanin pada setiap teh memiliki jumlah kadar yang bervariasi tergantung dari rasa pahit yang dihasilkan. Menurut Chern, teh hijau memiliki kandungan tanin yang lebih rendah dari teh hitam dan teh oolong.

"Jumlah tanin dalam varietas teh tertentu bervariasi menurut produsen, tetapi aman untuk mengatakan bahwa teh hitam dan oolong memiliki jumlah tertinggi sedangkan teh hijau jumlahnya lebih rendah," ungkapnya.

Kalau kamu ingin tetap merasakan manfaat dari teh, namun tidak ingin gigi yang putih cepat berubah menjadi kuning, Chern merekomendasikan untuk minum teh hijau. Teh herbal juga baik dikonsumsi untuk kesehatan, bahkan teh ini bebas dari kandungan tanin.

"Teh yang bebas dari tanin mencakup sebagain besar teh bebas kafein atau teh herbal seperti yang terbuat dari jahe, chamomile, melati, dan hibiscus," ujar Chern.

Chern juga memiliki tips kalau kamu ingin mengonsumsi teh hitam tanpa mengubah warna gigi. Seperti meminum air putih setiap selesai minum teh atau bisa langsung menyikat gigi. Bisa juga minum teh dengan sedotan, karena teh tidak langsung mengenai gigi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews