Singapura Sumbang 120 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca untuk Kepri

Singapura Sumbang 120 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca untuk Kepri

Vaksin AstraZeneca bantuan Singapura yang akan dikirim ke Kepri melalui Pelabuhan Batuampar, Batam. (Foto: MOH Singapore)

Singapura, Batamnews - Pemerintah Singapura memberikan bantuan ratusan ribu dosis vaksin AstraZeneca untuk Provinsi Kepulauan Riau.

Bantuan ini dijadwalkan tiba di Kepri melalui Pelabuhan Batuampar, Kota Batam pada Rabu (29/9/2021) pagi.

Total ada 120 ribu lebih dosis vaksin AstraZeneca yang akan dikirimkan ke Batam. 

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Kedua dan Menteri Pendidikan Kedua Mohamad Maliki Osman kepada Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo di Pelabuhan Jurong pada Selasa (28/9/2021).

Siaran pers Kementerian Luar Negeri Singapura menyatakan kontribusi dosis vaksin AstraZeneca yang diperoleh Singapura di bawah inisiatif COVAX ini merupakan bagian dari upaya mendukung perjuangan regional dan global melawan Covid-19. 

"Kontribusi COVID-19 tahap terbaru ke Indonesia ini menjadi bukti kerja sama erat yang telah berlangsung lama antara Singapura dan Indonesia, dan terutama dalam perjuangan berkelanjutan kita melawan pandemi," kata Maliki Osman. 
Bantuan vaksin tersebut akan disalurkan ke masyarakat di Batam dan Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan tetangga dan mitra terdekat Singapura. 

Baru-baru ini, melalui program “Oxygen Shuttle”, Singapura mengirimkan lebih dari 500 ton oksigen cair ke Indonesia. Indonesia juga telah memfasilitasi pengiriman barang-barang penting untuk fasilitas perawatan masyarakat Singapura di awal pandemi. 

"Kami berharap kontribusi vaksin Singapura ke Indonesia, yang kami peroleh di bawah inisiatif COVAX, akan mendukung upaya ini dan kemajuan kawasan menuju ketahanan terhadap Covid," ujarnya.
 

(gea)