Beberapa Kekurangan WhatsApp Web yang Wajib Anda Ketahui

Beberapa Kekurangan WhatsApp Web yang Wajib Anda Ketahui

WhatsApp web memiliki sejumlah kekurangan (Foto:ist)

Batam, Batamnews - Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin menggunakan WhatsApp web. Selain memperhatikan apa saja kelebihan yang akan diberikan, Anda juga harus memperhatikan kira-kira Apa saja kekurangan yang dimiliki oleh platform ini.

Secara umum aplikasi WhatsApp sangat bermanfaat untuk melakukan pengiriman pesan dan mengelola akun bisnis. Meski demikian Anda juga harus tahu apa saja kekurangan jika menggunakan WhatsApp versi web. Mengutip dari laman suratkabar.id, berikut ini adalah beberapa kelemahan WhatsApp web yang perlu anda ketahui.

1. Selalu Berhubungan dengan App Mobile

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh platform ini adalah selalu bergantung dengan aplikasi versi mobile. Apabila aplikasi versi mobile yang dipasang pada ponsel Anda tidak tersambung ke internet, maka platform pada website tidak akan bisa digunakan sama sekali. Bahkan meski internet pada komputer stabil.

Intinya pada versi website selalu tergantung dengan kondisi dari ponsel yang sedang Anda gunakan. Apabila WhatsApp pada ponsel tidak bisa digunakan sama sekali maka versi website akan tidak akan ada gunanya.

2. Butuh Koneksi Stabil

Sebenarnya WhatsApp versi mobile tidak membutuhkan koneksi yang selalu baik untuk bisa digunakan. Bahkan dengan jaringan 3G saja masih bisa dimanfaatkan untuk mengirim pesan dan menerima pesan dari banyak orang.

Sayangnya jika sudah beralih pada versi website itu tidak akan berlaku lagi. Platform pada website membutuhkan koneksi yang stabil dan internet yang cukup cepat. Dengan begitu arus lalu lintas data bisa berjalan dengan baik.

Apabila koneksi mengalami penurunan dengan cepat, bisa dipastikan WhatsApp versi website akan langsung terputus atau disconnected. Itulah kenapa saat memakai versi ini disarankan berada di jaringan yang stabil.

3. Menguras Baterai Ponsel

Banyak yang menganggap jika menggunakan versi website maka baterai pada ponsel akan lebih awet. Sebenarnya yang terjadi adalah kebalikannya. Saat menggunakan versi website maka lalu lintas data tetap terpusat pada ponsel sebelum akhirnya dialihkan pada versi website.

Jadi mau tidak mau ponsel akan tetap menjalankan fungsinya yaitu melakukan download dan juga akun data. Itulah kenapa saat menggunakan website dari WhatsApp ini baterai pada ponsel akan terkuras habis meskipun ponsel hanya dimatikan.

Alternatif dari WhatsApp web adalah dengan mengecas ponsel. Sayangnya pada beberapa ponsel Hal ini menyebabkan gadget menjadi sangat panas.

4. Tidak Bisa Video Call

Salah satu fungsi dari WhatsApp adalah bisa digunakan untuk mengiringi berbagai jenis pesan termasuk pesan suara. Bahkan Anda bisa melakukan percakapan dengan melakukan video call secara langsung.

Fungsi ini tidak tersedia jika Anda menggunakan WhatsApp web. Jika ingin melakukannya maka harus berpindah pada ponsel terlebih dahulu. Biasanya akan muncul notifikasi pada WhatsApp web bahwa sedang ada panggilan video.

5. Tidak Ada Sistem Keamanan yang Baik

Sebenarnya sistem keamanan dari WhatsApp sudah sangat baik khususnya saat melakukan pengiriman pesan. Sudah ada enkripsi yang sempurna sehingga orang lain tidak akan bisa melakukan proses penyadapan atau kejahatan lainnya.

Sayangnya versi ini bisa membuat seseorang membuka aplikasi WhatsApp web secara diam-diam. Untungnya akan selalu ada notifikasi pada ponsel jika WhatsApp versi web anda sedang dibuka pada browser. Jadi bisa lebih waspada.

Selain pada aplikasi GB WhatsApp, kekurangan WhatsApp web memang ada banyak seperti yang sudah dibagi atas. Meski demikian tidak ada salahnya untuk memanfaatkannya dengan baik. Apalagi platform ini memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa membuatnya bermanfaat untuk mengolah suatu bisnis.

Sebelum menggunakan WhatsApp web ada baiknya untuk selalu mengecek koneksi terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengiriman pesan dengan cepat dan mudah. Apabila koneksinya tidak stabil maka akan sering terputus dan akhirnya mengganggu pengelolaan akun.