Awas! 8 Aplikasi Andoid Ini Disusupi Virus Joker

Awas! 8 Aplikasi Andoid Ini Disusupi Virus Joker

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Para pengguna ponsel pintar dengan sistem Android harus menghindari delapan aplikasi yang diduga disusupi virus Joker.

Dilansir dari Time of India, delapan aplikasi yang dilaporkan disusupi virus Joker adalah Auxiliary Message, Element Scanner, Fast Magic SMS, Free CamScanner, Go Messages, Super Message, Super SMS dan Travel Wallpapers.

Virus Joker bisa membuat pengunduh aplikasi yang sudah disusupi secara otomatis terdaftar dalam sebuah jasa berlangganan berbayar, dan menyedot isi rekening pengguna tanpa diketahui.

"Program berbahaya ini sudah terdeteksi di delapan aplikasi yang tersedia di Google Play Store," demikian isi pernyataan Kepolisian Belgia.

Delapan aplikasi yang terindikasi disusupi virus Joker sama dengan yang diungkap oleh Laboratorium Keamanan Quick Heal pada Juni lalu.

Baca juga: Daftar HP yang Tak Bisa Lagi Akses WhatsApp Mulai 1 November 2021

Google lantas menghapus sejumlah program yang disusupi itu dari daftar PlayStore.

Akan tetapi, para pengguna ponsel Android yang sudah terlanjur mengunduh aplikasi yang sudah disusupi itu diminta segera menghapusnya.

Aparat keamanan Belgia sudah menerbitkan peringatan ada sejumlah penduduk yang masih memasang aplikasi yang sudah disusupi itu di ponsel Android mereka.

Seperti dilansir Techaeris, Joker adalah salah satu perangkat perusak yang menyebar dalam sistem operasi Android pada 2017 silam. Menurut laporan Quick Heal, Joer mencuri data pengguna termasuk pesan singkat, kontak, informasi perangkat, kata sandi dan lainnya.

"Anda akan terkejut saat melihat tagihan pada akhir bulan jika masih memasang aplikasi yang disusupi," lanjut isi pernyataan Kepolisian Belgia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews