Akhirnya Warga Desa Sei Besar di Lingga Bisa Akses Internet 4G

Akhirnya Warga Desa Sei Besar di Lingga Bisa Akses Internet 4G

Plt Kadiskominfo Lingga, Izdjumadillah (tengah) bersama Kasi Infrastruktur (kiri) dan Kabid e-government dan TIK (kanan) saat meninjau tower di Desa Sungai Besar (Foto:istimewa untuk Batamnews)

Lingga, Batamnews - Kabar gembira datang untuk masyarakat Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri). Pasalnya, desa mereka kini sudah tersedia akses internet dengan kualitas jaringan 4G.

Sebelumnya, desa ini sempat mengeluhkan kondisi jaringan di daerah mereka yang masih minim. Pelajar yang menerapkan pembelajaran daring kesulitan untuk browsing. Keluhan itu pun akhirnya terjawab.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lingga, Izdjumadillah mengatakan, ia bersama Kasi Infrastruktur dan Kabid e-government dan TIK telah melakukan monitoring serta pengecekan kondisi tower di Sungai Besar, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Kominfo Lingga Usulkan Pembangunan Tower Mini di Desa Sei Besar ke Kementerian

"Operatornya XL. Menurut pantauan kami di lapangan, tower tersebut berbasis V-Sat (menggunakan transmisi via V-Sat," kata dia kepada Batamnews, Rabu (1/9/2021).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) e-government dan TIK di Diskominfo Lingga, Ady Setiawan menambahkan, tower di Sungai Besar ini bukan seperti tower pada umunya.

"Tower ini diminta dari Kementerian Kominfo melalui Dirjen SDPPI kepada pihak provider untuk mencover wilayah-wilayah yang tidak terlalu berpotensi secara ekonomis dan di wilayah non 3T. Artinya, ini bukan tower reguler," ujar Ady.

Baca juga: Akses Internet Sulit, Pelajar Sei Besar Lingga Cari Sinyal di Tambak Udang

Ia melanjutkan, tower ini sudah on air sejak 25 Agustus 2021 lalu, dengan kualitas jaringan 4G. Tapi menurut pantauan mereka di lapangan, kualitas jaringan 4G di Desa Sungai Besar ini dirasa belum optimal.

"Kami juga sudah langsung berkomunikasi dengan pihak XL via phone, dan informasi dari pihak provider dalam waktu dekat dijadwalkan akan turun team optim," sebutnya.

Ady berharap, nantinya setelah team optim tersebut turun, kualitas jaringan di desa tersebut semakin optimal. Sehingga dapat menjangkau ke seluruh pemukiman penduduk di Desa Sungai Besar.

"Kami berharap dengan dibangunnya tower ini akan dapat memenuhi kebutuhan akses telekomunikasi dan data di wilayah Sungai Besar khususnya," pungkas dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews