Nizar Ingatkan Kades di Lingga Bijak Kelola Dana Desa Biar Tak Terjerat Hukum

Nizar Ingatkan Kades di Lingga Bijak Kelola Dana Desa Biar Tak Terjerat Hukum

Bupati Nizar memberikan selamat kepada 75 kepala desa dilantik (Foto:ist)

Lingga, Batamnews - Bupati Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), menitipkan banyak pesan kepada 75 kepala desa (Kades) di Kabupaten Lingga, yang secara resmi dilantik, Senin (30/8/2021) kemarin.

Kata Bupati, seorang kades harus menjadi sosok pemimpin dan teladan bagi masyarakat dalam hal pengelolaan dana desa, yang harus dijalankan secara transparan, akuntabel parsipatif dan dilakukan secara tertib dan disiplin anggaran.

Hal ini penting karena anggaran tersebut yang cukup besar. Maka itu, harus penuh kehati-hatian.

Baca juga: 75 Kepala Desa di Lingga Resmi Dilantik, 2 Orang Hadir Virtual

"Kami tidak ingin ada satupun kepala desa yang hari ini dilantik terjerat hukum. Karena mengkriminalisasi dana desa. Atau hal lain yang bertentangan dengan regulasi. Kades harus menjunjung tinggi tugas dan kode etik," pinta Nizar.

Menurutnya, berkoordinasi itu penting. Apalagi desa dengan wilayah yang potensial, bakal menjadi tempat yang dilirik para investor.

Oleh karena itu, harapnya kades tidak mengambil keputusan sendiri, setidaknya ada koordinasi dengan daerah, minimal kecamatan.

"Saya tidak mau pengalaman yang sudah-sudah terulang lagi. Ada desa yang main-main, akhirnya terjebak dengan kebijakan sendiri," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews