Singapura Suplai Bantuan Oksigen Konsentrat untuk Bintan

Singapura Suplai Bantuan Oksigen Konsentrat untuk Bintan

Penyerahan bantuan oksigen konsentrat dari Singapura kepada Pemkab Bintan. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan, Batamnews - Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau mendapatkan bantuan belasan alat kesehatan berupa oksigen konsentrat dari Hope Medical Singapura. 

Alat kesehatan tersebut diserahkan secara langsung di Aula Kedatangan Penumpang, Ferry Terminal Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, Senin (23/8/2021).

Group General Manager (GGM) PT. BRC, Abdul Wahab, mengatakan donasi alat oksigen konsentrat ini merupakan hasil dari koordinasi oleh Dokter Charles Johnson dari HOPE Medical Services dan group pendonor dari Singapura. 

"16 unit alat kesehatan tersebut langsung diterima oleh Pemkab Bintan. Dalam hal ini yang menerima adalah Sekda Bintan, Adi Prihantara," jelasnya.

Sekda Bintan, Adi Prihantara mengatakan pihaknya telah menerima secara langsung bantuan alat kesehatan tersebut. Jumlahnya ada 16 unit dan akan segera didistribusikan ke puskesmas-puskesmas yang tersebar di 10 kecamatan se-Kabupaten Bintan.

"Ada 16 unit alat oksigen konsentrat yang kita terima. Nantinya alat itu dikirim ke 15 puskemas yang ada di Bintan dan 1 unit lagi akan diterima oleh Klinik Pariwisata Lagoi. Jadi seluruh puskesmas akan mendapatkan alat tersebut," katanya.

Adi menambahkan bahwa ketersediaan oksigen di puskesmas yang berada di pulau-pulau atau pesisir kini lagi susah. Maka dengan alat ini didiharapkan dapat memudahkan untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien covid-19.

Cara operasi alat ini yaitu dengan mengimpun oksigen yang ada disekitar. Lalu menyalurkan melalui selang untuk digunakan bagi pasien covid-19 yang alami sesak napas.

"Jadi gak perlu melalui tabung oksigen lagi seperti saat ini. Tapi dengan alat ini bisa langsung mendapatkan oksigen," sebutnya

Alat ini digunakan untuk penanganan Covid-19 di setiap kecamatan. Jadi dapat langsung digunakan tidak perlu izin ini dan itu lagi untuk mengoperasikannya.

Diharapkan alat ini mampu melandaikan kasus bahkan menekan angka kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Bintan. Sehingga status daerah ini dari zona orange bisa menjadi hijau. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews