Bikin Ngeri Lewat, Jalan di Natuna Ini Kerap Makan Korban

Bikin Ngeri Lewat, Jalan di Natuna Ini Kerap Makan Korban

Jalan utama di Desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Kondisi jalan utama yang berada di Desa Selemam, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna selalu bikin khawatir warga yang melewatinya. Jalan aspal satu satunya yang menjadi akses utama masyarakat tersebut begitu terjal, pasalnya tidak tersentuh perbaikan dari Pemda Natuna.

Desa Selemam sendiri merupakan salah satu desa terdalam, berada di kaki gunung. Salah satu warga desa, Muhtar Hadi menyebut, jalan tersebut sudah belasan tahun rusak parah tanpa adanya perbaikan.

"Sudah banyak yang jatuh saat melalui jalan tersebut, bukan hanya itu, tak jarang ban motor masyarakat pun sering bocor kalau lewat situ. Lapisan aspalnya sudah rusak dan hanya menyisakan batu batu terjal. " Tutur Muhtar Hadi kepada batamnew, Minggu (22/08/21).

Sudah hampir 4 periode pergantian bupati di Natuna, namun kondisi jalan utama di desa nya masih saja luput dari perhatian pemda.

"Dulu pernah ada perbaikan jalan, sudah lama tapi itupun dari simpang Desa Tanjung hingga ke Desa Ceruk saja, tak sampai ke Desa Selemam. Padahal kondisi ruas jalan yang terparah berada di Desa Selemam," lanjut Muhtar.

Dijelaskanya setidaknya ada lima titik dengan kondisi tanjakan dan turunan yang mengalami kerusakan terparah.

"Disitu sering pengendara motor jatuh, terlebih lagi kalau malam dengan kondisi jalan yang gelap," ujarnya.

Kepala Desa Selemam, Bustami mengatakan jika perbaikan jalan tersebut telah sering di sampaikannya dalam Musrenbang baik tingkat kecamatan hingga kabupaten.

Hingga kini usulan perbaikan jalan tersebut tak kunjung terealisasi.

Bupati Natuna, Wan Siswandi yang baru-baru ini mengunjungi Desa Selemam, mengaku miris melihat kondisi jalan.

Dirinya berjanji akan mengupayakan perbaikan untuk jalan poros Desa Ceruk - Selemam melalui anggaran APBD.

"Meski saat ini terjadi refocussing terhadap anggaran APBD Natuna akibat Covid 19, namun untuk jalan poros Desa Ceruk - Selemam tetap kita kerjakan tahun ini," ujar Siswandi, Jumat (20/08/21) lalu.

"Saya bisa rasakan betapa sakitnya saat melewati jalan tersebut. Perbaikan jalan ini akan menjadi prioritas kami, apalagi rencana perbaikan ini menjadi janji kampanye kami saat pilkada kemarin," sebutnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews