Komorbid dan Belum Vaksin Penyebab Dominan Kematian Pasien Corona di Karimun

Komorbid dan Belum Vaksin Penyebab Dominan Kematian Pasien Corona di Karimun

Ilustrasi.

Karimun, Batamnews - Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Karimun, Kepulauan yang meninggal dunia sebanyak 88 orang. Jumlah tersebut merupakan data hingga Minggu (8/8/2021).

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan angka kematian didominasi oleh merek yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) dan masyarakat yang belum divaksin.

"Puluhan orang yang meninggal karena Covid-19, itu 96 persennya adalah yang belum divaksin, dan juga karena adanya penyakit bawaan," kata Rafiq, Senin (9/8/2021).

Baca: PPKM Level 4 Berlaku, Sejumlah Ruang Publik Karimun Diguyur Disinfektan

Menyikapi hal ini, ia mengajak masyarakat yang belum divaksin agar segera menjalani vaksinasi.

Rafiq mengakui vaksinasi Covid-19 bukan lagi suatu hal yang wajib. Namun, dengan vaksinasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh warga dari virus.

"Vaksin itu bukan lagi wajib, tapi adalah kebutuhan. Walaupun telah vaksin tidak menjamin tidak akan kena atau terpapar, tapi akan tetap lebih kuat melawan virus," ucap Rafiq.

Hingga saat ini, program vaksinasi terus dilakukan oleh pemerintah, baik pusat hingga daerah untuk membentuk kelompok imun yang kuat di tengah masyarakat.

Sementara itu, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau naik level menjadi Level 4 sejak Sabtu (7/8/2021) lalu.

Baca: Kasus Covid Melonjak, PPKM Level 4 Kini Berlaku di Karimun

Meningkatnya level PPKM di Karimun dipicu dengan lonjakan kasus baru Covid-19 yang secara harian tembus di atas 100 kasus.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews