3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Kembali Masuk RI

3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Kembali Masuk RI

Vaksin Covid-19 AstraZeneca (Foto: Bloomberg)

Jakarta, Batamnews - Pemerintah Indonesia kembali menerima kiriman lebih dari 3 juta dosis vaksin AstraZeneca melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Selasa (13/7/2021).

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro mengatakan, kedatangan kali ini merupakan tahap ke 23 melalui skema kerjasama multilateral Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) COVAX Facility.

"Pada malam yang baik ini, 13 Juli 2021 masyarakat Indonesia kemabali mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa akan kedatangan 3 juta lebih vaksin Astrazaneca yang dikirim melalui fasilitas Covax," kata Reisa dalam jumpa pers daring di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (13/7/2021).

Reisa mengatakan, vaksin yang datang hari ini merupakan bagian dari komitmen Gavi Covax Facility untuk mensuplai minimal 20 persen sasaran vaksin di Indonesia sehingga cakupan vaksinasi di Indonesia semakin luas.

Baca juga: Amerika Serikat Kirim 3 Juta Dosis Vaksin Moderna untuk Indonesia

Ia berharap dengan kedatangan 3 juta dosis vaksin ini semua kalangan bisa mendapatkan vaksinasi dan tercapai pemerataan.

"Ini juga bukti nyata bahwa seluruh dunia bekerja sama berkolaborasi memastikan bahwa akses terhadap covid 19 merata dan dapat dijangkau oleh siapapun terutama bagi mereka yang rentan, yang kurang mampu, tinggal di wilayah kecil sekalipun atau penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa," ucap dia.

Ia menyebut, vaksin yang diterima oleh Indonesia dari Covax menunjukan bahwa Indonesia punya peran untuk dunia. Terlebih, kata dia, Menteri Luar Negeri Marsudi memimpin program vaksinasi kerja sama untuk negara berkembang ini.

"Hal ini dimungkinkan karena negara Indonesia merupakan negara yang aktif dalam menciptakan perdamaian dan meningkatkan kesejahteraan warga dunia dan terbukti dari peran aktif Menlu kita memimpin Covax," pungkasnya.

(ruz)
Komentar Via Facebook :