Filipina Berencana Susul 6 Negara Lainnya Tutup Pintu Masuk untuk RI

Filipina Berencana Susul 6 Negara Lainnya Tutup Pintu Masuk untuk RI

Filipina.

Batam Batamnews - Indonesia menjadi negara dengan kematian Covid-19 tertinggi di dunia. Sebelum angka itu muncul, enam negara sudah menutup diri dari Indonesia.

Indonesia mencatatkan 1.007 kematian karena Covid-19 pada Minggu (11/7/2021). Angka itu melewati India, yang kini berada di urutan ketiga, dengan 720 kasus kematian.

Angka itu bisa-bisa membuat daftar negara yang menutup pintu bagi Indonesia semakin panjang. Sejauh ini, sudah enam negara yang secara tegas melarang penerbangan dari Indonesia.

Bahkan, tiga negara, Uni Emirat Arab (UEA), Singapura, dan Oman mengumumkannya secara beruntun.

Baca juga: Negara-negara Ini Tutup Pintu Masuk Buat RI

Andai kasus Covid-19 terus naik, bukan tidak mungkin daftar negara yang melarang penerbangan dari Indonesia bertambah. Filipina salah satu negara yang mengungkapkan potensi itu.

Dikutip dari Manila Times, Menteri Kesehatan Filipina Francisco Duque III, membuka peluang untuk melarang perjalanan dari Indonesia dan Malaysia. Itu sebagai salah satu langkah untuk menghalangi penyebaran virus Covid-19 varian Delta yang amat menular.

"Kemungkinan itu (menutup pintu untuk Indonesia dan Malaysia) selalu ada. Ingatlah bahwa varian Delta terdeteksi di 85 hingga 90 negara di seluruh dunia," kata Duque.

Filipina bakal memantau data dan lintasan kasus di Indonesia dan Malaysia sebelum mengambil keputusan.

(ruz)