Amerika Serikat Kirim 3 Juta Dosis Vaksin Moderna untuk Indonesia

Amerika Serikat Kirim 3 Juta Dosis Vaksin Moderna untuk Indonesia

Ilustrasi.

Washington, Batamnews - Amerika Serikat mengirimkan 3 juta dosis vaksin Moderna Covid-19 ke Indonesia. Pengiriman ini dikonfirmasi pejabat Gedung Putih, Sabtu (10/7/2021).

Melansir Reuters, pengiriman tersebut adalah bagian dari janji pemerintahan Biden untuk membagikan batch awal 80 juta vaksin buatan AS secara global di tengah kekhawatiran tentang perbedaan besar dalam tingkat vaksinasi antara negara maju dan berkembang.

Pekan lalu, pemerintah AS mengumumkan rencana untuk mengirimkan 1 juta dosis vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer Inc. dan BioNTech ke Malaysia.

Pengiriman ke Indonesia adalah bagian dari 4 juta dosis yang dijanjikan pekan lalu dan merupakan salah satu pengiriman vaksin sumbangan AS terbesar sejauh ini. 

Sisa 1 juta dosis akan segera dikirim, kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa Amerika Serikat juga bergerak maju dengan rencana untuk meningkatkan bantuan untuk respons Covid-19 Indonesia yang lebih luas.

Indonesia telah mencatat 2,4 juta kasus virus corona dan 64.000 kematian, di antara jumlah korban tertinggi di Asia. Tetapi itu telah meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan, dengan kematian harian berlipat ganda pada minggu pertama bulan Juli.

Kepala Dana Moneter Internasional Kristalina Georgieva pada hari Rabu mendesak Amerika Serikat, China dan negara-negara ekonomi utama Kelompok 20 lainnya, yang pejabat keuangannya bertemu di Venesia akhir pekan ini, untuk mempercepat akses ke vaksin di seluruh dunia.

Dia memperingatkan pemulihan dua jalur yang memburuk yang mengancam akan meninggalkan negara-negara berkembang jauh di belakang. Menyediakan akses yang lebih cepat ke vaksinasi berpotensi menyelamatkan lebih dari setengah juta nyawa dalam enam bulan ke depan saja, katanya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews