7 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ditengah Lonjakan Kasus Covid-19

7 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ditengah Lonjakan Kasus Covid-19

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Lonjakan kasus Covid-19 selama beberapa waktu belakangan tak dipungkiri memengaruhi kesehatan mental, termasuk cemas dan juga stres. Menjaga kesehatan mental merupakan salah satu kunci untuk bertahan.

Psikolog Mira Amir mengatakan saat respons individu terhadap situasi seperti ini terlalu dibawa stres, efeknya tidak baik. Berlaku pula saat orang menganggap sepele sehingga terlampau santai.

"Dalam psikologi, kondisi cemas itu diperlukan. Kecemasan diperlukan untuk membuat manusia melakukan tindakan jaga-jaga, perhitungan, repot kalau enggak ada cemasnya," ujar Mira dilansir dari CNNIndonesia.com.

Akan tetapi saat kondisi cemas makin besar atau anxiety, individu bisa membawa fokusnya pada aktivitas lain. Berikut cara menjaga kesehatan mental saat kasus Covid-19 melonjak.

Baca juga: 8 Ide Seru Habiskan Waktu di Rumah saat PPKM Darurat

1. Menambah kegiatan di rumah

Mira menganjurkan agar tidak hanya mengandalkan satu aktivitas misal, menonton lewat kanal berlangganan. Sarannya untuk menambah ragam aktivitas misal, memasak, merawat tanaman hias, akses media sosial misal TikTok dan sekarang yang terbaru ada fitur Reels di Instagram.

"Mereka yang aktivitasnya beragam, lebih fleksibel, lebih bisa survive," imbuhnya.

2. Dengar lagu menenangkan

Ahli psikologi Emmeline Edwards mengatakan, terapi musik juga bisa menjadi cara yang bagus untuk bersantai di mana pun Anda berada.

"Korteks pendengaran terhubung ke area lain di otak yang terhubung ke sistem penghargaan, sistem motorik, pusat motivasi, dan regulasi emosi," papar Edwards, seperti dikutip Today.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa musik dapat membantu seseorang menghadapi gangguan terkait stres, depresi ringan, dan kecemasan.

 

3. Minum secangkir teh hangat

Psikiater Marlynn Wei menyarankan untuk menyesap secangkir teh hangat sebagai cara meredakan stres demi menjaga kesehatan mental.

"Singkirkan ponsel atau gawai, habiskan beberapa menit untuk fokus pada rasa teh, suhu, dan memperhatikan segala sesuatu tentang cangkir," ujar Wei.

Latihan mindfulness ini membantu Anda terhindar dari pikiran-pikiran lain yang mengganggu. Anda bisa mencoba secangkir teh chamomile, peppermint, atau lavender. Ketiganya diketahui memberikan efek relaksasi pada tubuh.

4. Jauhkan ponsel atau gawai

Terus menerus memeriksa notifikasi ponsel bisa membuat Anda kewalahan. Menurut dokter spesialis paru Erlina Burhan, media sosial penuh dengan kabar hoaks tentang Covid-19 yang bisa membuat stres.

"Sudah, lupain aja media sosial, apalagi WhatsApp grup yang isinya hoaks semua. Tidak usah dipikirkan," katanya, beberapa waktu lalu.

Alih-alih demikian, cobalah luangkan waktu untuk sama sekali tidak bersentuhan dengan ponsel atau gawai.

Dengan menunda mengecek notifikasi yang masuk dan media sosial, Anda menciptakan ruang mental untuk fokus pada diri sendiri. Saat fokus pada diri sendiri, berlatihlah pernapasan dalam. Tutup mata dan alihkan pikiran ke hal-hal yang membuat Anda senang. 

Baca juga: 7 Tips Tidur Nyenyak Meski Cuaca Panas

5. Latihan relaksasi otot

Progressive muscle relaxation (PMR) atau relaksasi otot merupakan semacam teknik yang bisa Anda pelajari dan latih.

Sebagaimana dilansir Very Well Mind, cara ini memungkinkan Anda untuk mengendurkan semua otot di tubuh dengan cepat sehingga melepaskan ketegangan akibat stres.

PMR dapat membantu membalikkan respons stres dengan cepat. PMR dapat dilakukan di mana saja. Caranya mudah. Buat otot menegang lalu lepaskan tegangan hingga merasa rileks. Lakukan pada beberapa bagian tubuh, mulai dari dahi dan alis mata, pipi, leher, pundak, tangan, hingga kaki.

6. Aromaterapi

Aromaterapi juga jadi salah satu cara mudah untuk menghilangkan stres dalam waktu singkat. Penelitian menunjukkan bahwa jenis aromaterapi tertentu dapat efektif untuk menghilangkan stres, seperti lavender dan peppermint. Anda hanya perlu menyalakan tungku aromaterapi atau sekadar mengoleskan essential oil pada tangan. Selebihnya, Anda bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

7. Tertawa

Humor jadi salah satu cara ampuh meredakan stres. Tertawa memang diketahui dapat membantu mengusir stres. Anda bisa mencari tayangan-tayangan komedi atau apa pun yang bisa membuat Anda tertawa lepas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews