Awas! Ini 5 Bahaya yang Mengintai Jika Sering Menahan Kencing

Awas! Ini 5 Bahaya yang Mengintai Jika Sering Menahan Kencing

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Banyak orang sering mengabaikan kebutuhan mereka untuk buang air kecil. Padahal ada bahaya menahan kencing.

"Menahan kencing bisa menyebabkan masalah serius," kata Judd W. Moul, Direktur Duke Prostate Center Division of Urologic Surgery dikutip dari Mens Health.

Dalam kasus yang serius dan mengerikan, Moul mengungkapkan bahwa menahan kencing bisa jadi masalah serius untuk pria.

Baca juga: 7 Bahan Alami dan Mudah Didapat untuk Redakan Sakit Gigi

"Seorang tentara muda datang setelah dia mabuk dan pingsan semalaman. Kandung kemihnya menahan beban sekitar tiga botol wine dan menyebabkannya jadi menggembung seperti kantung kendur," kata Moul.

"Sejak saat itu, si pasien tidak bisa lagi kencing dengan normal, dan harus menggunakan kateter di penisnya antara 4-6 kali sehari."

Hanya saja secara umum, Joshua Meeks, urologis dari Northwestern Medicine mengungkapkan beberapa bahaya lain menahan kencing adalah kencing yang menyakitkan, infeksi kandung kemih, sampai merusak ginjal.

 

Berikut 5 bahaya menahan kencing:

1. Infeksi bakteri

Mengutip Very Well Health, menahan kencing bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi saluran kemih karena peningkatan jumlah bakteri.

Dalam beberapa kasus, menahan kencing terlalu lama dapat menyebabkan bakteri berkembang biak. Hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

2. Sakit di kantung kemih

Orang yang sering menahan kencing sering bisa mengalami sakit di kantung kemih atau ginjalnya. Saat buang air juga bisa membuat mereka merasa sakit.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Mudah

3. Peregangan kandung kemih

Dalam jangka panjang, menahan kencing secara teratur dapat menyebabkan kandung kemih meregang. Ini mungkin membuat kandung kemih sulit atau tidak mungkin untuk berkontraksi dan mengeluarkan kencing secara normal.

4. Kerusakan otot dasar panggul

Mengutip Medical News Today, menahan kencing bisa membahayakan otot dasar panggul. Melakukan latihan dasar panggul seperti Kegel dapat membantu memperkuat otot-otot ini dan mencegah kebocoran atau memperbaiki kehilangan otot.

5. Batu ginjal

Kencing sering mengandung mineral seperti asam urat dan kalsium oksalat. Bahaya menahan kencing bisa meningkatkan risiko batu ginjal.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews