5 Kebiasaan yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Mudah

5 Kebiasaan yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Mudah

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Menjaga daya tahan tubuh saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sangat diperlukan. Daya tahan tubuh yang kuat bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Imunitas tubuh menjadi hal yang penting untuk selalu dijaga kondisinya. Mengonsumsi pil atau kapsul suplemen bisa menjadi solusi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun selain itu, gaya hidup kamu pun ikut menentukan kemampuan tubuh dalam melindungi diri dari virus. Berikut 5 kebiasaan yang bisa dilakukan sebagai cara untuk meningkatkan imunitas tubuh.

1. Tidur Teratur di Waktu yang Sama

Usahakan untuk selalu tidur di waktu yang sama setiap malamnya, dan biasakan tidak tidur terlalu larut.

Dikutip dari Mayoclinic, sebuah penelitian menunjukkan kebiasaan begadang bisa mengganggu sistem imunitas tubuh, membuat kamu mudah terserang virus dan tubuh jadi lebih sulit untuk melawannya. Idealnya, durasi tidur yang sehat dan disarankan adalah 7-8 jam di malam hari.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Hilangkan Bau Mulut dengan Mudah

2. Minum Minuman Sehat Berbahan Alami

Cara meningkatkan imunitas tubuh agar tidak terkena Covid-19 ini, kamu bisa membuat ramuan sehat sendiri. Ramuan tersebut terdiri dari campuran air lemon, madu, jahe dan kunyit yang diseduh dengan air hangat.

Berdasarkan studi yang dimuat dalam jurnal Evidence-Based Complementari and Alternative Medicine, madu tinggi kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai penguat daya tahan tubuh alami.

Jahe, mengandung antioksidan yang berperan sebagai antivirus dan banyak digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Sementara jus lemon tinggi akan vitamin C untuk cegah pilek dan kunyit mengandung curcumin, zat yang bisa mengatur kestabilan imun tubuh.

3. Olahraga Teratur

Berdasarkan data dari US National Library of Medicine, aktif bergerak bisa membantu membuang bakteri penyebab penyakit dari paru-paru. Hal ini menurunkan risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan udara dan sistem pernapasan. Olahraga juga melancarkan sirkulasi sel-sel darah putih, memungkinkan tubuh kamu mendeteksi penyakit lebih dini.

4. Berjemur Matahari Pagi

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami yang bisa kamu lakukan adalah berjemur di pagi hari. Paparan sinar matahari akan mengaktifkan vitamin D pada tubuh yang selain bisa menguatkan tulang juga peningkat alami daya tahan tubuh.

Berjemurlah saat matahari belum terlalu terik 7 - 9 pagi. Cukup berjemur selama 15 hingga 20 menit agar tidak terkena efek buruk sinar matahari yang menyebabkan kanker kulit.

Baca juga: 7 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan, Bantu Cegah Penuaan Dini

5. Banyak-banyak Tertawa

Tertawa menjadi cara meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi COVID-19 yang paling mudah. Hal itu karena stres merupakan salah satu pemicu datangnya berbagai macam penyakit.

Untuk itu, redakan stres dengan lebih banyak tertawa. Misalnya dengan menonton tayangan atau film komedi, kumpul bersama keluarga, atau bermain bersama anak. Studi menunjukkan bahwa tertawa bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara signifikan, menurunkan tingkat stres dan membuat kamu berpikir lebih positif.

(ruz)