Tips Jitu Turunkan Berat Badan Saat WFH

Tips Jitu Turunkan Berat Badan Saat WFH

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Sejumlah kabupaten/kota saat ini menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) yang semula hanya 75 persen, kini menjadi 100 persen.

Dengan dilaksanakannya WFH, tak jarang ada yang melaksanakannya sambil makan-makan atau ngemil ringan serta banyak rebahan. Tak sadar, berat badan pun merangkak naik.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Michael Triangto mengatakan, ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan di saat WFH. Salah satu hal yang paling sederhana, kata dia, menggunakan perabotan yang ada di rumah seperti kursi.

"Saran untuk yang WFH olahraganya treadmill atau simpelnya bisa pakai kursi, misalnya angkat lutut untuk olahraga perut karena temanya menurunkan berat badan dan harus rutin," kata Michael saat acara 'Mau Turun BB, Haruskah Olahraga?', Sabtu (26/6).

Baca juga: 10 Brand Sneakers Terpopuler di Dunia, Nike Juara!

Michael mengatakan untuk berat badan, massa lemaknya harus 50-70 persen dari denyut nadi.

"Intensitas untuk menurunkan masa lemak untuk menurunkan berat badan 50 persen sampai 70 persen dari denyut nadi. Cara menghitungnya, rumusnya 220 dikurangi usia saat ini," kata dia.

Selain treadmill, jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang paling mudah dilakukan. Ini merupakan cara nyaman dan mudah bagi pemula untuk memulai olahraga, tanpa merasa kewalahan dan tidak harus membeli perlengkapan khusus.

Berjalan kaki merupakan olahraga dengan risiko cedera paling rendah. Artinya, tidak akan membuat sendi merasa kaget. Menurut penelitian Harvard Health, seseorang dengan berat badan 70 Kg dapat membakar sekitar 167 kalori dengan berjalan selama 30 menit.

Sebuah studi yang dilakukan kepada 20 wanita selama 3 bulan mencatat bahwa berjalan selama 50-70 menit 3 kali dalam sepekan dapat mengurangi lemak tubuh secara signifikan. Lingkaran pada pinggang juga dapat menyusut hingga 2,8 cm.

Olahraga ini dapat dilakukan di pagi maupun sore hari.

Sebagai permulaan, targetkan untuk berjalan 30 menit sekitar 3-4 kali dalam sepekan. Durasi ini bisa ditambah apabila tubuh kamu sudah terbiasa dengan rutinitas yang telah dimulai.

(ruz)