7 Bahan Alami dan Mudah Didapat untuk Redakan Sakit Gigi

7 Bahan Alami dan Mudah Didapat untuk Redakan Sakit Gigi

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Sakit gigi merupakan salah satu kondisi yang sangat menyakitkan dan dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Oleh karena itu, harus segera ditangani dengan obat sakit gigi agar rasa sakit yang dirasakan tidak semakin parah.

Banyak penyebab umum sakit gigi, seperti gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi dan lain-lain. Sakit gigi selain bisa diobati dengan obat dari dokter, ternyata juga bisa dengan obat alami yang mudah ditemui di rumah.

Dikutip dari healthline, berikut ini 7 obat sakit gigi alami yang bisa dicoba.

1. Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan penanganan pertama yang efektif. Air garam adalah disinfektan alami, dan dapat membantu mengeluarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Mengobati sakit gigi dengan air garam juga terpercaya dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut. Cara penggunaannya, yaitu campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Mudah

2. Bawang putih

Bawang putih telah dikenal dan digunakan karena khasiatnya. Tidak hanya bisa membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, akan tetapi juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

Cara penggunaannya, yaitu hancurkan bawang putih hingga menjadi pasta dan oleskan ke daerah yang sakit, atau bisa juga dengan menambahkan sedikit garam. Cara kedua, kunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.

3. Ekstrak vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Dengan mengandung antioksidan juga dapat membantu sebagai penyembuh yang efektif.

Cara penggunaannya, yaitu oleskan sedikit ekstrak vanila ke jari atau bola kapas, setelah itu oleskan langsung ke area yang sakit.

4. Cengkih

Cengkih telah digunakan sebagai obat sakit gigi, karena minyak cengkih secara efektif dapat mengurangi dan menghilangkan rasa sakit akibat peradangan. Ini karena cengkih mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Cara penggunaannya, yaitu oleskan sedikit minyak cengkih ke bola kapas dan oleskan ke daerah yang sakit. Cara kedua, bisa juga dengan menambahkan setetes minyak cengkih ke dalam segelas air dan gunakan sebagai obat kumur.

5. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun jambu biji juga mengandung anti-mikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

Cara penggunaanya, yaitu kunyah daun jambu biji segar atau haluskan daun jambu biji dan masukkan ke dalam air mendidih dan gunakan sebagai obat kumur.

Baca juga: Sederet Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Turunkan Kolestrol hingga Obat Impoten

6. Kompres dingin

Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk menghilangkan rasa sakit yang dialami. Dengan menerapkan kompres dingin, akan menyebabkan pembuluh darah di area tersebut menyempit.

Ini membuat rasa sakit tidak terlalu parah, selain itu rasa dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Cara penggunaannya, yaitu pegang kantong es yang dibungkus handuk ke area yang sakit selama 20 menit setiap kali, dan Anda dapat mengulanginya setiap beberapa jam.

7. Teh celup peppermint

Kantong teh celup peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif.

Cara penggunaannya, simpan kantong teh celup bekas hingga menjadi dingin sebelum mengoleskannya ke area yang sakit, atau bisa juga memasukkan kantong teh celup bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkan, lalu tempelkan kantong teh tersebut ke area yang sakit.

Jika Anda telah menggunakan obat sakit gigi seperti di atas, dan masih terasa sakit atau tidak kunjung sembuh, Anda perlu menemui dokter agar dapat ditangani secara tepat, karena banyak sakit gigi yang butuh bantuan medis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews