7 Tips Tidur Nyenyak Meski Cuaca Panas

7 Tips Tidur Nyenyak Meski Cuaca Panas

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Bisa tidur dengan nyenyak tentu menjadi impian setiap orang. Bantal yang empuk, selimut yang nyaman, dan udara yang sejuk mungkin bakal membuat seseorang lebih cepat tidur.

Tapi, bagaimana jika cuaca sedang panas, bahkan di malam hari?Masyarakat urban di kota-kota besar memilih untuk menggunakan air conditioner (AC) agar ruangan tetap sejuk.

Pakai AC mungkin solusi bagi Anda dengan finansial cukup. Sementara orang perantauan atau warga di desa-desa bisa jadi berpikir ulang untuk memasang AC, atau menyewa tempat tinggal dengan AC yang harganya relatif mahal.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena ada cara sederhana agar bisa tertidur pulas meski udara sedang panas. Berikut beberapa tipsnya.

Baca juga: Konsumsi Tiga Jenis Herbal Ini Biar Tidur Lebih Nyenyak

1. Cuci kaki sebelum tidur

Langkah ini adalah cara lama, tapi bisa jadi efektif. Coba untuk mencuci kaki dengan air dingin sebelum pergi tidur. Jika memungkinkan, Anda bisa mandi air dingin sebelum pergi tidur agar tubuh tidak kepanasan saat pergi ke kasur.

Anda juga bisa mendinginkan seprai dan sarung bantal Anda di dalam freezer sebelum menggunakannya.

2. Membuka jendela dan pintu

Pakar tidur Silentnight, dokter Nerina Ramlakhan menganjurkan untuk membuka jendela dan pintu kamar tidur agar udara terus mengalir dan tidak terperangkap di ruangan.

"Anda harus menjaga jendela dan pintu tetap terbuka agar ada sirkulasi udara," katan Nerina, seperti dikutip Glamour.

Anda juga bisa membuka jendela lain di luar kamar tidur, seperti jendela kamar mandi, lorong, untuk mendorong angin masuk ke kamar tidur. Tentunya, cara satu ini hanya bisa dipraktikkan jika lingkungan Anda aman dari kriminalitas.

 

3. Mencoba posisi baru

Umumnya, orang tidur dengan bantal di kepala dan guling di salah satu sisi tubuh. Tapi pada cuaca malam yang panas, Anda mungkin membutuhkan posisi tidur berbeda untuk jatuh terlelap.

Coba cari posisi nyaman yang mungkin lebih sejuk dari yang sebelumnya. Anda mungkin harus memindahkan ranjang dekat dengan jendela agar tubuh terkena angin ketika tertidur.

4. Trik handuk basah

Anda tidak punya AC di kamar kost? Sebagai gantinya, coba letakkan handuk basah di depan jendela terbuka atau di depan kipas angin Anda. Setiap udara yang mengalir akan membawa kelembapan dan lebih dingin, selayaknya menggunakan AC.

Baca juga: Taruh Bawang Putih di Bawah Bantal Saat Tidur, Rasakan Manfaatnya!

5. Mengganti sprei berbahan katun

Sprei Anda juga turut berkontribusi pada kenyamanan tidur. Sprei berbahan polyester sempat marak karena bisa tahan air. Tapi, ini tidak dianjurkan digunakan ketika cuaca panas karena akan menahan keringat di tubuh dan membuat Anda tidak nyaman.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih sprei berbahan dasar katun yang menyerap keringat.

6. Minum air

Healthy WA menyarankan meminum air sebelum tidur agar tetap terhidrasi saat terlelap. Tetap terhidrasi juga akan membantu tidur nyenyak. Anda juga tidak perlu terbangun di tengah malam karena kehausan.

7. Pakai baju longgar

Baju yang longgar memudahkan Anda leluasa bergerak dan memberikan aliran udara di sekitar tubuh. Kenakan pakaian yang ringan dan longgar ketika tertidur. Pakaian juga sebaiknya terbuat dari serat alami seperti katun atau linen yang menyerap keringat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews