Gejala Virus Corona dari Ringan Hingga Berat

Gejala Virus Corona dari Ringan Hingga Berat

ilustrasi

Batam, Batamnews - Seseorang yang terinfeksi virus Corona akan mengalami sejumlah gejala yang berbeda-beda. Gejala virus Corona biasanya akan mulai dirasakan setelah 2-14 hari orang tersebut terpapar.

Apabila terinfeksi COVID-19, siapapun bisa mengalami gejala ringan hingga parah. Bahkan, beberapa orang bisa saja tidak mengalami gejala apapun saat terinfeksi. Hal ini juga disesuaikan kembali dengan kondisi kesehatan masing-masing.

Kendati demikian, mengutip WebMD, sekitar 1 dari 6 orang pasien COVID-19 dilaporkan mengalami gejala yang cukup parah saat terinfeksi, salah satunya adalah kesulitan bernapas.

Umumnya, orang tua atau lansia serta orang-orang yang mengidap penyakit tertentu, seperti penyakit jantung dan diabetes, memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi saat terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Dikutip dari situs resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), berikut ini sejumlah gejala virus Corona yang paling umum dialami oleh pasien terinfeksi:

    Demam atau meriang
    Batuk
    Sesak napas atau kesulitan bernapas
    Kelelahan
    Nyeri otot atau tubuh
    Sakit kepala
    Kehilangan indra perasa atau penciuman
    Sakit tenggorokan
    Pilek
    Mual atau muntah
    Diare.

Meski demikian, daftar gejala di atas sebenarnya belum mencakup semua kemungkinan gejala yang terjadi. Pada sejumlah kasus, pasien terinfeksi virus Corona akan mengalami gejala yang berbeda dari daftar gejala di atas.

Apabila mengalami beberapa gejala virus Corona di bawah ini, sebaiknya langsung mencari pertolongan medis lebih lanjut untuk menanganinya:

    Kesulitan bernapas
    Nyeri di dada
    Kebingungan
    Ketidakmampuan untuk bangun atau terjaga
    Kulit, bibir, dan kuku pucat, berwarna keabuan, atau kebiruan.

Adapun sejumlah gejala lainnya yang mungkin dialami oleh pasien jika terinfeksi virus ini, namun gejala-gejala ini masuk ke dalam kategori gejala yang jarang terjadi, yaitu:

    Mata merah
    Mata bengkak
    Tidak sadarkan diri
    Sindrom Guillain-Barre (sindrom langka di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sistem saraf)
    Batuk berdarah
    Pembekuan darah
    Kejang
    Masalah jantung
    Kerusakan ginjal
    Masalah atau kerusakan hati.

Itulah sejumlah gejala virus Corona yang kemungkinan bisa dialami oleh seseorang yang terpapar COVID-19. Karenanya, tetap patuhi protokol kesehatan dan segera daftarkan diri Anda untuk mendapatkan vaksinasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews