TNI AL Tetapkan Desa Kebun Nyiur di Lingga Jadi Kampung Bahari Nusantara

TNI AL Tetapkan Desa Kebun Nyiur di Lingga Jadi Kampung Bahari Nusantara

TNI AL menjadikan Desa Persiapan Kebun Nyiur di Lingga sebagai Kampung Bahari Nusantara (Foto:ist)

Lingga, Batamnews - TNI AL menjadikan Desa Persiapan Kebun Nyiur, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN). Kampung ini berada di bawah binaan Lanal Dabo Singkep.

Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Didik Hermawan mengatakan, sesuai perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, bahwa setiap pangkalan TNI AL harus memiliki desa binaan dan pembentukan Kampung Bahari Nusantara.

“Maka dengan dibentuknya kampung bahari nusantara ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi daerah yang meliputi lima klaster yakni Pertahanan, Edukasi, Pariwisata, Kesehatan dan Ekonomi,” kata Didik, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Penerimaan CPNS 2021: Pemkab Lingga Butuh 442 Tenaga Pendidik untuk PPPK

Dijelaskan Didik, dari kelima klaster tersebut yang menjadi prioritas yang akan dikerjakan oleh Lanal Dabo Singkep di Desa Kebun Nyiur yakni klaster edukasi, pariwisata dan ekonomi.

“Kita akan memprioritaskan tiga klaster yang pertama edukasi, salah satunya dengan rumah pintar (Rupin). Diharapkan dengan adanya rupin seluruh masyarakat sekitar khususnya bagi generasi muda agar lebih gemar membaca,” jelas Didik

Lalu, klaster pariwisata khususnya di Desa Kebun Nyiur sendiri sudah ada Home Industri Kerupuk ikan, ikan bilis atau ikan teri, Pantai Terumbu Kering, serta Pantai Batu Bongkok.

Baca juga: Telkomsel Pasang 5 Repeater Penguat Sinyal di Lingga Tahun Ini

Terakhir klaster ekonomi. Lanal Dabo Singkep akan membantu nelayan dalam proses pengurusan surat-surat tangkap, pengembangan budidaya ikan, rumput laut, dan komoditas laut lainnya.

“Membangun sistem tangkap olah sampai dengan pemasaran hasil tangkap maupun budidaya, tersedia keramba jaring apung (KJA) di wilayah budidaya perikanan laut,” sebutnya.

Danlanal berharap, setelah adanya pengembangan potensi kampung bahari nusantara di Desa Kebun Nyiur bisa lebih maju dari sekarang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews