'Nasi Kapau', Vaksinasi Corona Jangkau Penduduk Pulau Tulang Karimun

Warga Pulau Tulang Karimun mengantre vaksinasi Covid-19.

Karimun, Batamnews - Vaksinasi Covid-19 mulai menjangkau kawasan pulau-pulau di sekitar Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Program yang ditaja Polda Kepulauan Riau bertajuk Inovasi Vaksinasi Jangkau Pulau-Pulau (Nasi Kapau) ini, melibatkan  Satpolairud Polres Karimun, unsur kecamatan dan petugas medis.

Mereka melakukan jemput bola dan mendapat antusias dari warga yang tinggal di pulau-pulau. Mereka dengan sukarela  mendatangi kantor desa mendaftarkan diri untuk melakukan vaksinasi.

"Program ini adalah gagasan Kapolda Kepri, untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19," kata Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan, Jumat (11/6/2021).

Kemudian, petugas Satpolairud dan perangkat desa juga melakukan imbauan dan sosialiasi pada masyarakat mengenai keamanan vaksin.

"Kenapa harus takut, pemerintah sudah menjamin keamanan vaksin ini, kemudian posko vaksin juga ada di Polres Karimun, sehingga masyarakat tidak khawatir untuk vaksin," ucap Adenan.

Sehingga diharapkan masyarakat yang selama ini dihantui oleh berita-berita hoaks di media sosial dapat mengerti dan paham.

Seperti di Pulau Desa Tulang, Kecamatan Karimun, yang masyarakatnya banyak belum divaksinasi akhirnya bersedia setelah mendapat pemahaman.

Ada sebanyak 119 orang yang divaksinasi dalam program Nasi Kapau yang dilakukan di Desa Tulang, Kecamatan Karimun.

"Sosialisasi harus secara langsung ke masyarakat, memberikan pemahaman mengenai vaksin ini. Dan Alhamdulillah, banyak masyarakat yang datang untuk divaksin," pungkas Adenan.

(aha)
Komentar Via Facebook :