Patroli Laut Skala Besar di Perairan Karimun Libatkan 7 Kapal

Patroli gabungan di perairan Karimun oleh 7 instansi kemaritiman. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Satpolairud Polres Karimun bersama instansi maritim lainnya di wilayah Kabupaten Karimun menggelar patroli laut berskala besar, Kamis (10/6/2021).

Patroli ini mengambil rute dari Pelabuhan Telaga Riau Kolong, Kecamatan Karimun, menuju Perairan Selat Gelam, dan perairan di Kecamatan Meral.

Adapun yang tergabung dalam patroli ialah Polairud Polda Kepri dan Polres Karimun, KSOP Tanjungbalai Karimun, BC Pelayanan Karimun, dan Kanwil DJBC Kepri serta KPLP, dengan 7 armada kapal milik masing-masing instansi.

Kasat Polairud Polres Karimun, Iptu Binsar Samosir mengatakan bahwa kegiatan patroli tersebut juga disertai dengan penegakan hukum jika adanya penemuan pelanggaran.

"Patroli yang kita gelar, untuk mencegah setiap kegiatan ilegal, penyelundupan dan yang bersifat atau membuat rusak dan merugikan perekonomian Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Binsar.

Para petugas yang tergabung juga melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang melintas dari luar atau yang hendak keluar dari Karimun.

"Untuk kapal-kapal tidak ada pelanggaran yang ditemukan, sehingga dapat melakukan aktivitas bongkar muat," ujarnya.

Selain itu, dalam melakukan patroli, petugas juga memberikan imbauan pada kru kapal untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

(aha)