Amsakar: Kontak Erat Pasien Positif Corona Gratis Tes PCR di Puskesmas

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Batam, Batamnews - Warga Batam, Kepulauan Riau yang memiliki kontak erat pasien Covid-19 diminta untuk melakukan pemeriksaan swab Polymare Chain Reaction (PCR).

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menegaskan tes PCR ini bisa dilakukan puskesmas terdekat tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Kalau merasa pernah kontak dengan pasien positif. Silahkan datang langsung ke Puskesmas terdekat, agar dilakukan test dan tidak dipungut biaya," ujar Amsakar saat ditemui di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (10/6/2021).

Ia menjelaskan test PCR secara gratis bagi yang termasuk kontak erat pasien positif Covid-19, hanya dilakukan di puskesmas yang berada di masing-masing kelurahan. Upaya ini untuk menjalankan proses tracing (penelusuruan kontak). 

Karena itu, pihaknya berharap masyarakat dapat bersabar menunggu hasil pemeriksaan PCR tersebut. Dimana untuk proses hingga hasil dapat diketahui dapat memakan waktu hingga 3 hari.

"Karena sampel yang akan diteliti tentu saja banyak. Dan kita juga meminta kesabaran masyarakat kita dalam menunggu hasilnya," katanya.

Baca: Pasien Corona di Batam Keluhkan Harus Biayai Sendiri Tes Antigen

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi menambahkan dengan adanya program ini, maka pihaknya berharap agar masyarakat yang pernah kontak erat pasien Covid-19 dapat melaporkan diri sendiri. 

“Kalau kontak erat cukup dengan isolasi mandiri saja, setelah melapor ke puskesmas terdekat,” jelasnya.

Mengenai upaya tracing di lingkungan perusahaan, Didi mengatakan pelaksanaan test antigen menjadi kebijakan perusahaan. 

Jika ada upaya test antigen yang dilakukan, maka tidak dapat dipungkiri bisa dibebankan kepada pegawai perusahaan. 

“Itu kebijakan perusahaan,” katanya. 

Baca: Vaksin Covid-19 Terbuka untuk Seluruh Warga, Amsakar: Silahkan ke Puskesmas Terdekat

Sebelumya diberitakan, beberapa pegawai perusahaan maupun warga Batam yang menjadi kontak erat pasien Covid-19 mengeluhkan biaya swab antigen dari kantong pribadinya masing-masing.

(ret)