Pasien Corona di Batam Keluhkan Harus Biayai Sendiri Tes Antigen

Pasien Corona di Batam Keluhkan Harus Biayai Sendiri Tes Antigen

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Sejumlah pasien positif Corona di Batam, Kepulauan Riau mengaku harus mengeluarkan biaya sendiri untuk tes antigen. Hal ini dinilai sangat membebani.

Seperti diungkapkan oleh M, seorang pegawai bank perkreditan rakyat di Batam. Ia harus membiayai sendiri tes antigen, tanpa ada bantuan dari perusahaan maupun pemerintah.

“Dari awal antigen dan swab tanggung sendiri, tetapi makanan, minuman, obat, vitamin, buah-buahan dan lain-lain ditanggung pemerintah,” ujar M yang kini telah sembuh dari Covid-19. 

Baca: Update Corona Batam: Tambah 151 Kasus Baru, Didominasi Pasien Bergejala

Saat terkonfirmasi positif, Maria diwawancarai oleh petugas, dan menyebutkan orang-orang yang kontak erat dengannya. Dari nama-nama yang diberikan, salah satunya yaitu R, teman satu gerejanya. 

“Saya beritahu R, supaya swab antigen, supaya menghindari penyebaran Covid-19,” katanya. 

Pengalaman yang sama juga disampaikan oleh Em, seorang karyawan di kawasan Batuampar. Ia merupakan kontak erat dengan pasien Covid-19. Oleh perusahaan tempatnya bekerja, ia diarahkan untuk melakukan tes antigen. 

“Itu kami yang tanggung sendiri, dalam satu bulan ini saja dua kali ada kasus di perusahaan, dan dua kali juga swab antigen sendiri dengan biaya sendiri,” katanya.

Baca: Pemerintah Jamin Tak Ada Gejala Serius Usai Seseorang Divaksin Corona

Menyikapi keluhan ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan upaya penelusuran kontak erat (tracing) pasien Covid-19 kini tidak lagi dilakukan pemeriksaan swab test, cukup hanya dengan isolasi mandiri (isoman). 

“Kalau kontak erat cukup dengan isoman saja,” ujar Didi, Selasa (8/6/2021). 

Mengenai upaya tracing di lingkungan perusahaan, Didi mengatakan pelaksanaan test antigen menjadi kebijakan perusahaan. 

Jika ada upaya test antigen yang dilakukan, maka tidak dapat dipungkiri bisa dibebankan kepada pegawai perusahaan. 

“Itu kebijakan perusahaan,” katanya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews