Vaksin Covid-19 Terbuka untuk Seluruh Warga, Amsakar: Silahkan ke Puskesmas Terdekat

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Batam, Batamnews - Warga di Batam, Kepulauan Riau kini dapat mengakses langsung vaksinasi Covid-19 melalui puskesmas terdekat.

Selain di puskesmas, warga juga bisa menghubungi Posko Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di wilayah masing-masing. 

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan penerima vaksin tidak lagi dibatasi dalam tiga kategori, yaitu sebelumnya ditetapkan bagi para tenaga kesehatan (nakes), pelayan publik dan para lanjut usia (lansia). 

“Semua kalangan sudah bisa, tidak lagi dikategorikan,” ujar Amsakar usai rapat koordinasi di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (9/6/2021) siang.

Sebelumnya pada Jumat (4/6/2021), pihaknya menargetkan pemberian 50 ribu dosis vaksin kepada masyarakat dalam waktu 10 hari, kini target tersebut semakin dinaikkan. 

Hal ini seiring, keputusan rapat Pemrov Kepri dan pemerintah pusat bahwa kategori penerima vaksin diperluas.

“Target kami 70 persen, atau sekitar 600 ribu warga Batam divaksin,” katanya. 

Selain karena alasan utama pencegahan Covid-19, capaian vaksinasi 70 persen merupakan syarat penerapan kebijakan sektor pariwisata yakni travel bubble atau gelembung koridor perjalanan. 

"Sembari vaksinasi ini terus dilakukan, laporan capaian terakhir yang saya dapatkan bahwa 123 ribu warga Batam telah divaksin," ungkap dia.

Optimis Capai Target Vaksin

 

Amsakar meyakini target vaksinasi di Batam akan tercapai. Karena petugas medis Batam melalui layanan kesehatannya masing-masing sangat intens mewujudkan capaian target ini.

"Dalam sehari Puskesmas kita dapat memvaksin sekitar 250 sampai 300 orang. Di mainland Batam ini ada sekitar 18 puskesmas, itu artinya sehari bisa divaksin 4 ribu hingga 5 ribu orang," jelasnya.

Kemampuan ini, belum termasuk vaksinasi yang diikuti paguyuban, pelaku pariwisata maupun badan usaha. "Kalau digabung ini bakal lebih banyak lagi," kata dia.

Mendukung vaksinasi ini, tenaga medis dan vaksinator mendapat tambahan. Pemrov Kepri bahkan akan membantu tenaga vaksinator sebanyak 70 orang. Sementara upaya lain adalah mengikutsertakan klinik kawasan di kawasan industri untuk melakukan vaksinasi terhadap pekerja.

"Selain masyarakat umum yang divaksin, tenaga kerja juga divaksin. Kami juga sedang mendata tenaga kerja di kawasan-kawasan industri. Tadi di Batamindo 2 ribu lebih pekerja divaksin," terangnya.

Untuk menyukseskan vaksinasi ini, ia berharap peran semua pihak. Seperti diketahui vaksinasi merupakan salah satu ikhtiar pencegahan Covid-19 selain penerapan prokes.

Untuk diketahui, kini puskesmas di Batam sudah sangat siap melayani vaksinasi. Selain itu masyarakat juga bisa dan PPKM akan mengarahkan lebih lanjut.

"Jangan takut divaksin. Datangi puskesmas masing-masing," ajak dia.

(ret)