Bintan Tambah 28 Pasien Positif Corona, 2 Diantaranya Lansia

Bintan Tambah 28 Pasien Positif Corona, 2 Diantaranya Lansia

Ilustrasi.

Bintan, Batamnews - Seorang lansia asal Desa Kelong, Kecamatan Bintan Pesisir, Bintan, Kepulauan Riau dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (7/6/2021). Diduga kuat, ia tertular dari orang lain saat melakukan perjalanan dari luar daerah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni, mengatakan lansia yang positif Covid-19 dari Desa Kelong itu adalah ACH berusia 61 tahun. 

"ACH ini tertular saat melakukan perjalanan. Karena bersangkutan memiliki riwayat ke luar daerah," ujar Gama, Selasa (8/6/2021).

Setelah melakukan perjalanan, kata Gama, ACH ini mengalami sakit dengan gejala demam, batuk, dan pilek. Lalu memeriksakan kesehatan di RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri di Km 8 Kota Tanjungpinang.

Di rumah sakit pihak medis melakukan pengambilan swab untuk dites Polymerase Chain Reaction (PCR). Hasilnya keluar pada Senin (7/6/2021) dan ACH dinyatakan positif Covid-19. Sekarang ACH menjalani isolasi di RSUP RAT Kepri.

"Sain ACH, ada satu lagi lansia yang positif Covid-19. Yaitu A.B (70) seorang pria Kampung Krajan, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Teluk Sebong. Dia tertular dari orang terdekat," jelasnya 

Baca: BPBD Distribusikan 100 Tempat Tidur ke Lokasi Baru Karantina Pasien Covid di Bintan

Selain ACH dan A.B, di hari yang sama juga ada 26 orang lagi dinyatakan positif Covid-19. Mereka terdiri dari Kecamatan Seri Kuala Lobam ada 16 orang, Bintan Utara ada 3 orang, Gunung Kijang ada 4 orang, Teluk Sebong ada 2 orang, dan Teluk Bintan ada 1 orang.

Dari 28 orang yang positif Covid-19 tersebut, hanya 4 orang bergejala termasuk ACH sedangkan 24 orang lagi tak bergejala

"Jadi dalam satu hari itu ada 28 orang yang positif covid-19. Namun yang melakukan isolasi di rumah sakit hanya ACH saja sementara yang lainnya isolasi secara mandiri," katanya.

(ary)