Wabah Corona di Batam Makin Memprihatinkan, 124 Kasus Baru, 5 Meninggal Dunia

Wabah Corona di Batam Makin Memprihatinkan, 124 Kasus Baru, 5 Meninggal Dunia

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau makin memprihatinkan. Tak hanya peningkatan kasus baru, angka kematian terus bertambah saban hari.

Merujuk data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam per Selasa (1/6/2021), terdapat tambahan 124 kasus baru harian, dengan rincian 66 kasus bergejala, 48 kasus tanpa gejala dan 10 kasus konfirmasi kontak.

Akumulasi positif Corona kini tembus 9.369 kasus. Adapun kasus aktif tercatat sebanyak 1.088 atau sebesar 11,61 persen, menurun dibandingkan hari sebelumnya.

Baca: Ahli: Tak Perlu Khawatir Virus Corona yang Ditularkan Anjing

Namun demikian, angka kematian terus merangkak naik. Tercatat ada tambahan 5 orang meninggal dunia akibat Covid-19.

Tingkat kematian naik menjadi 2,26 persen atau sebanyak 212 orang.

Adapun kabar baik yang menyertai adalah sembuhnya 192 orang pasien. Tingkat kesembuhan pun meningkat menjadi 86,12 persen atau 8.069 orang.

Dominasi Zona Merah

 

Dominasi Zona Merah

Zona merah masih mendominasi persebaran Corona pada level kecamatan di Batam. 

Ada 10 kecamatan yang berstatus zona merah yakni Batam Kota, Nongsa, Sagulung, Sei Beduk, Lubuk Baja, Bengkong, Batuampar, Sekupang, Belakangpadang dan Batuaji.

Baca: Duh, Dua Alat PCR Test di BTKLPP Batam Rusak

Sedangkan dua kecamatan lain di kawasan pulau penyangga yakni Bulang berada di zona kuning, dan Galang masih tetap di zona hijau. 

Untuk di tingkat kelurahan ada 21 dari 74 kelurahan di Batam yang berada di zona merah.

Persebaran zona merah untuk level kelurahan yakni Tanjung Sengkuang di Batuampar. Baloi Permai dan Belian di Batam Kota.

Baca: Angka Covid-19 Tinggi, BTKLPP Batam Periksa 600 Sampel Swab dalam Sehari

Lalu, Sungai Langkai, Sungai Pelunggut dan Tembesi di Sagulung. Bukit Tempayan, Kibing, Buliang dan Tanjunguncang di Batuaji. Batubesar dan Kabil di Nongsa.

Kemudian, Tanjung Riau, Sungai Harapan, Patam Lestari, dan Tiban Baru di Sekupang. Bengkong Indah dan Sadai di Bengkong. Serta, Muka Kuning dan Tanjungpiayu di Seibeduk.

Pasien Isolasi Mandiri Menurun

 

Pasien Isolasi Mandiri Menurun

umlah pasien isolasi mandiri mengalami penurunan. Namun secara kuantitas masih tergolong tinggi yakni 844 orang, imana 387 pasien di antaranya menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji Batam.

Kemudian ada juga yang dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan. RS Bunda Halimah merawat 1 pasien, RS Awal Bros merawat 46 pasien, RS Budi Kemuliaan 1 orang, RS Keluarga Husada 1 orang, RS Soedarsono Kabil 2 orang, RS Harapan Bunda 10 orang, RS Bhayangkara 19 orang.

Baca: Bergerak Sejak Siang, Razia Prokes di Batam Sasar Pelanggar Personal

RS Graha Hermine sebanyak 12 pasien, RSUD Embung Fatimah 35 pasien, RS Elisabeth Batam Kota 22 pasien, RS Elisabeth Sei Lekop 8 pasien, RS Elisabeth Lubuk Baja 12 pasien dan RSBP Batam 33 pasien. RSKI Galang kini merawat 41 warga Batam.

(ret)