Malaysia Kembali Lockdown Total Akibat Lonjakan Kasus Covid-19

Malaysia Kembali Lockdown Total Akibat Lonjakan Kasus Covid-19

Malaysia kembali memberlakukan lockdown total (Foto:AP Photo)

Malaysia, Batamnews - Pemerintah Malaysia kembali menerapkan penguncian wilayah (lockdown) secara menyeluruh akibat lonjakan kasus infeksi virus corona (Covid-19).

Dilansir Reuters, Sabtu (29/5/2021), Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin, menyatakan lockdown secara ketat akan diberlakukan mulai 1 Juni sampai 14 Juni. Seluruh ruang publik dan kawasan niaga yang tidak berkepentingan wajib tutup selama masa penerapan lockdown.

Pemerintah hanya membolehkan sejumlah kegiatan niaga yang dinilai penting untuk tetap berjalan, tentunya dengan sejumlah persyaratan.

Baca juga: Sultan Johor Minta Malaysia Berlakukan Lockdown Total

"Dengan perkembangan lonjakan kasus infeksi harian, kemampuan rumah sakit di seluruh negeri untuk menampung pasien Covid-19 menjadi semakin terbatas," kata Yassin.

Yassin menyatakan dengan kebijakan menutup seluruh kegiatan perekonomian yang bukan merupakan prioritas, pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan menggelontorkan subsidi atau bantuan sosial bagi penduduk dan pengusaha secepatnya.

Malaysia mencatat rekor tertinggi penularan harian infeksi virus Corona dengan 7.857 kasus dan 59 kematian pada Kamis (27/5/2021) lalu. Hal itu membuat Negeri Jiran menjadi negara dengan kasus infeksi harian Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara.

Baca juga: Penyanyi Kondang Malaysia Siti Nurhaliza Didenda Rp 34 Juta Langgar Prokes

Wilayah Selangor dan Sarawak memiliki kasus harian terbanyak yakni 2.675 kasus dan 772 kasus. Sementara itu kasus baru corona di Ibu Kota Kuala Lumpur mencapai 561 kasus.

Melansir The Star, Menteri Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah, mengatakan saat ini ada sekitar 69.408 kasus corona aktif di Malaysia. Mayoritas pasien tersebut berusia 20-40 tahun.

Sebanyak 771 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis. Di sisi lain, sebanyak 4.598 pasien corona juga telah dinyatakan sembuh.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews