Tambah 24 Kasus, Klaster Imigran Bhadra Resort Bintan Jadi 41 Orang Positif Covid-19

Tambah 24 Kasus, Klaster Imigran Bhadra Resort Bintan Jadi 41 Orang Positif Covid-19

Ilustrasi.

Bintan, Batamnews - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, Kepulauan Riau menyatakan 24 orang imigran yang ditampung di Bhadra Resort Km 25, Kecamatan Toapaya terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini, Jumat (28/5/2021).

Kepala Dinkes Bintan, dr Gama AF Isnaeni, membenarkan adanya tambahan 24 imigran yang positif Covid-19. Namun mereka baru menjalani pemeriksaan rapid test antigen.

"Hasil rapid antigen mereka positif dan akan dilanjutkan ke pengecekan PCR. Jika antigen-nya positif maka kemungkinan besar PCR-nya juga positif," ujar Gama.

Baca: Positif Covid di Bintan Bertambah, 14 WNA Ikut Terpapar

Awalnya, kata Gama, pengurus imigran yang bertugas di International Organization for Migration (IOM) atau Organisasi Internasional untuk Imigran dinyatakan positif Covid-19. Lalu dia ditetapkan sebagai pasien kasus ke 1.207 pada 20 Mei 2021.

Lalu lima hari kemudian tepatnya 25 Mei 2021 didapati ada 14 imigran yang positif Covid-19 akibat tertular dari staf IOM tersebut. Sehari kemudian yaitu 26 Mei 2021 didapati ada 2 imigran lagi yang positif Covid-19.

"Dan hari ini ada tambah 24 orang lagi. Jadi klaster imigran Bhadra Resort menjadi 41 orang termasuk petugas IOM yang pertama kali positif Covid-19," jelasnya.

Dengan adanya penambahan pasien positif pada klaster imigran, Gama meminta pihak pengelola untuk memperketat pengawasan. Jangan ada lagi imigran yang bebas keluar dari tempat penampungan.

Baca: Bintan Laporkan 15 Kasus Baru Corona, Salah Satunya WNA Staf IOM

Dia juga menilai Bhadra Resort sebagai tempat yang tepat. Baik untuk penampungan imigran sekaligus juga tempat isolasi bagi mereka.

"Mereka juga ditangani dengan baik oleh petugas dari lembagai IOM. Kita harapkan juga para imigran ini diawasi agar tidak keluar dari Bhadra Resort," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews