Karimun Siapkan Karantina Terpusat Sikapi Lonjakan Covid

Karimun Siapkan Karantina Terpusat Sikapi Lonjakan Covid

Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Karimun, Batamnews - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau terus meningkat. Ada tambahan 167 kasus baru berdasarkan hasil PCR yang keluar pada hari ini, Jumat (28/5/2021).

Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyampaikan hasil yang keluar hari ini merupakan hasil sampel yang dikirim pada waktu lalu ke BTKL Batam.

"Dari 300 sampel yang diperiksa, hari ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan bahwa terjadi penambahan sebanyak 167 kasus positif," ujar Rafiq.

Ratusan orang terkonfirmasi tersebut, tersebar di wilayah Kabupaten Karimun dan sebelumnya masuk daftar tracing.

Baca: Disdik Karimun Targetkan Guru Sudah Divaksinasi Corona Sebelum Ujian Kenaikan Kelas

Oleh karena itu, langkah tegas Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran yang lebih besar, ratusan orang yang terkonfirmasi positif tersebut, akan dilakukan karantina secara terpusat.

Lokasi untuk karantina terpusat, direncanakan dilakukan di SMP Binaan Tebing untuk wilayah Pulau Karimun Besar, dan sejumlah lokasi juga disiapkan di kecamatan kawasan pulau.

"Kita telah mengambil keputusan bersama, untuk yang tambahan positif hari ini akan dilakukan karantina terpusat. Agar tidak terjadi penyebaran lebih banyak lagi," ucap Rafiq.

Baca: Karimun Tutup Operasi Tempat Hiburan 10 Hari, Bupati: Ngeyel, Cabut Izinnya

Bagi warga terkonfirmasi positif tersebut, akan terlebih dahulu dilakukan tracing untuk melihat tingkat gejala.

Jika mengalami gejala yang cukup berat, akan dikarantina di Rumah Sakit, dan jika sedang akan di karantina terpusat di Sekolah.

"Setiap yang positif akan dijemput langsung petugas kesehatan dan didampingi oleh pihak TNI-Polri untuk menjalani karantina," ujar Rafiq.

Baca: Lima Ribu Warga Karimun Sudah Divaksin Covid-19, Bupati Rafiq Ingin Lebih


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews