29 Desa di Meranti Gelar Pilkades Serentak Tahun Ini

29 Desa di Meranti Gelar Pilkades Serentak Tahun Ini

Ilustrasi.

Meranti, Batamnews - Sebanyak 29 desa di 9 kecamatan Kabupaten Meranti, Riau akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di tahun ini.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Meranti, Irmansyah, mengatakan ajang pesta demokrasi tingkat desa ini digelar berdasarkan Surat Keputusan (SK), Bupati Meranti Nomor 248/HK/KPTS/V/2021.

Tahapan Pilkades serentak akan dimulai tanggal 24 Mei dengan pembentukan panitia, hingga pada tahap akhir yakni penetapan Kades terpilih pada tanggal 27 September mendatang. 

"Tahapan ini sudah dikeluarkan sejak pekan lalu," kata Irmansyah, Senin (24/5/2021).

Untuk data pemilih, lanjut Irmansyah, akan dibantu dengan data dari KPU Meranti. Nanti akan disinkronkan lagi dengan data di DPMD.

"Data KPU sebagai pembantu. Nanti kita juga akan verifikasi lagi dengan data DPMD yang lama, sebab ada warga yang pindah, ada yang meninggal dan lain sebagainya," jelasnya.

Data yang ada akan divalidkan lagi. Kalau pendataan dari awal, menurut Irman, itu tidak mungkin sebab memakan waktu yang lama.

Untuk diketahui, eincian wilayah yang akan melangsungkan Pilkades, yakni 3 desa di Kecamatan Tebingtinggi; Desa Banglas, Alahair Timur, dan Sesap. 

Lalu, ada 6 desa di Kecamatan Tebingtinggi Barat, yakni Desa Mekong, Tenan, Batang Malas, Kundur, Tanjung Peranap, dan Gogok Darussalam. Kemudian, 3 desa di Tebingtinggi Timur, yakni Desa Lukun, Teluk Buntal, dan Tanjung Gadai. 

Di Kecamatan Rangsang Barat, ada sebanyak 2 desa, yakni Desa Telaga Baru dan Sungai Cina. Untuk di Kecamatan Rangsang, ada 5 desa yang juga melangsungkan Pilkades yakni Desa Sungai Gayung Kiri, Gemala Sari, Tanjung Samak, Topang dan Penyagun. Dan 2 desa di Kecamatan Rangsang Pesisir, yakni Desa Bungur dan Tanah Merah.

Selanjutnya, 3 desa di Kecamatan Pulau Merbau; Desa Centai, Semukut dan Renak Dungun. Untuk wilayah tetangga, tepatnya di Kecamatan Merbau hanya ada 1 desa, yakni Desa Meranti Bunting.

Untuk di wilayah Pulau Padang, tepatnya di Kecamatan Tasik Putripuyu ada 3 desa, yakni Desa Dedap, Tanjung Padang, dan Bandul. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews