Keluar Masuk Karimun Kini Wajib Tes Antigen dan GeNose, Surat Sehat Tak Berlaku

Keluar Masuk Karimun Kini Wajib Tes Antigen dan GeNose, Surat Sehat Tak Berlaku

Tes GeNose calon penumpang di Pelabuhan Domestik Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau akhirnya menerapkan wajib tes antigen dan GeNose bagi penumpang transportasi laut antar-pulau dalam provinsi.

Kebijakan ini diambil menyusul pemberlakuan aturan berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur nomor 469/SET-STC/V/2021 tentang perubahan atas SE Gubernur nomor 453/SET-STC/IV/2021 tentang ketentuan PPDN di wilayah Kepri, mulai hari ini, Selasa (18/5/2021).

Baca: Positif Covid di Karimun Sentuh 795 Kasus

Seluruh penumpang yang masuk di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun kini wajib membawa surat bebas Covid-19, tidak lagi surat keterangan sehat.

Adapun surat keterangan bebas Covid-19 yang diwajibkan adalah paling minimal hasil tes GeNose, lalu lebih baik hasil tes antigen, PCR atau swab.

"Berdasarkan SE Gubernur Kepri, untuk transmisi lokal diwajibkan minimal membawa hasil GeNose, tidak lagi surat kesehatan," kata Sekda Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah, Selasa (18/5/2021).

Baca: Catat! Syarat Wajib Rapid Test Pengguna Transportasi Laut di Kepri Diperpanjang

Aturan ini berlaku bagi penumpang yang berangkat ke Karimun dari Batam, Tanjungpinang. Sedangkan, untuk penumpang dari luar provinsi memang diharuskan membawa hasil GeNose dan PCR atau swab.

"Sekarang, baik penumpang yang datang dari dalam Provinsi atau luar Provinsi, wajib membawa surat bebas Covid-19," ucap Firman.

Sebelumnya, Bupati Karimun, Aunur Rafiq memberi kelonggaran warganya yang bepergian dengan transportasi laut antar pulau. Warga cukup mengantongi surat kesehatan dan identitas serta tujuan.

Baca: Perjalanan Laut di Karimun, Bupati Rafiq Tak Wajibkan Genose dan Antigen

"Saya belum mewajibkan untuk diterapkannya Antigen atau pun GeNose. Surat kesehatan resmi masih berlaku. Kita tidak mau membebani masyarakat dengan biaya-biaya yang cukup tinggi," ujar Rafiq, belum lama ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews