Mendagri Tito Karnavian Pantau Pemulangan PMI Lewat Batam

Mendagri Tito Karnavian Pantau Pemulangan PMI Lewat Batam

Mendagri Tito Karnavian didampingi Gubernur Ansar Ahmad menuju Batam untuk memantau pemulangan PMI. (Foto: Sutana/batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di masa pandemi Covid-19 melalui Provinsi Kepulauan Riau mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat.

Rencananya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad akan memantau langsung proses pemulangan PMI dari Negeri Jiran di Pelabuhan Internasional, Batam Center, Kota Batam, Sabtu (8/5/2021). 

"Bapak Mendagri akan melihat secara langsung penerapan protokol kesehatan saat proses pemulangan PMI di pelabuhan itu," ujar Plt Kepala Biro Humas Protokoler dan Penghubung Kepri, Zulkifli. 

Baca: Dua PMI Nekat Kabur dari Karantina Covid di Batam

Agenda Mendagri juga akan dibarengi dengan kegiatan sang istri Tri Tito Karnavian selaku Ketua Umum Tim Penggerak PKK yang  akan memberikan bantuan masker kepada Ketua PKK Provinsi Kepri, Ketua PKK Kota Batam, dan RSKI Galang di Aula Angsana 1 Bayan Tree Bintan, Lagoi.

Seperti diketahui, kasus Corona di Kepulauan Riau meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Gubernur Ansar Ahmad menyatakan peningkatan itu ditengarai berasal dari PMI yang pulang dari Malaysia melalui beberapa pelabuhan di Provinsi Kepri. 

"Karena itu kita berulang kali menyampaikan ke pusat minta pemulangan PMI jangan hanya dari Kepri. Tapi, juga dari Riau atau Medan," katanya. 

Baca: Corona Melonjak, Gubernur Kepri Sebut Pemulangan PMI Jadi Pemicu

Selain itu, lanjut Ansar, peningkatan kasus masyarakat juga kata dia belakangan ini, mulai abai menerapkan protokol kesehatan. 

"Kita mengimbau warga tetap memperketat protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," pesannya.

(sut)