Lonjakan Kasus Corona di Sumatera, Menkes: Imbas PMI Mudik

Lonjakan Kasus Corona di Sumatera, Menkes: Imbas PMI Mudik

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Jakarta, Batamnews - Kasus Corona mengalami lonjakan di sejumlah daerah Sumatera. Hal yang sama juga terjadi di Kalimantan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut kenaikan tersebut diyakini sebagai imbas adanya rombongan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berangsur-angsur tiba di tanah air.

"Tadi disampaikan pak menko beberapa provinsi di sumatera khususnya Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung juga ada kita amati di Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan sedikit di Sumatera Utara dan Aceh. Kita juga lihat beberapa provinsi di Kalimantan seperti Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan yang seperti tadi disampaikan Pak Menko karena banyak pekerja migran (TKI) yang kembali di situ ada kenaikan," ujar Budi dalam pernyataan persnya yang disiarkan di akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (3/5/2021).

Hal itu, menurut Budi berseberangan dengan jumlah kasus yang dialami beberapa provinsi lainnya. Tak hanya kasus, di beberapa provinsi di Sumatera dan Kalimantan tersebut Budi turut menyoroti masih tingginya angka keterisian rumah sakit hingga kematian akibat corona.

"Karena pertama secara keseluruhan menurun di beberapa provinsi. Kita melihat ada kenaikan dari sisi konfirmasi maupun dari sisi yang masuk rumah sakit maupun yang dari sisi kematian," beber dia.

Meski tak merinci berapa peningkatan jumlah kasus di sana, Budi berharap pemerintah setempat dapat segera menemukan solusi untuk keluar dari permasalahan tersebut.

Pencegahan dini di awal, dinilai Budi lebih baik ketimbang nantinya pemerintah daerah kewalahan menghadapi peningkatan kasus yang muncul akibat adanya pembiaran kenaikan kasus.

"Walau kenaikan masih bisa kita kendalikan, tapi tugas saya mengingatkan karena kalau ada kenaikan sulit kita mengontrol, lebih baik kita kontrol pada saat naiknya sedikit," ucap Budi.

Oleh karenanya Budi tak bosan mengimbau kepada pemerintah daerah untuk tetap meningkatkan pengawasan mereka akan potensi penularan virus di daerahnya. Terlebih untuk varian mutasi virus yang dinilai lebih menular.

"Tugas saya sebagai Menkes adalah terus mengingatkan agar kita selalu waspada, jangan sampai lengah, jangan terburu-buru mengendurkan prokes. Apa pun virusnya, apa pun mutasinya kalau kita disiplin prokesnya insyaallah harusnya penularan tidak terjadi," kata Budi.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews