BLT UMKM 2021 Cair, Ratusan Warga Serbu BRI Natuna

BLT UMKM 2021 Cair, Ratusan Warga Serbu BRI Natuna

Warga tampak memadati halaman depan kantor BRI Natuna (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Ratusan warga Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), memadati halaman kantor Bank BRI Natuna, Ranai, Selasa (20/4/2021) pagi. Mereka menerima pencairan BPUM tahap pertama pada tahun 2021 ini.

Pantauan Batamnews, sejumlah masyarakat yang berasal dari beberapa desa dan kelurahan yang berasal dari luar Kecamatan Bunguran Timur berbondong-bondong datang untuk ikut dalam antrean tersebut.

Kartini (53), salah seorang warga Desa Sebadai Hulu, Kecamatan Bunguran Timur Laut mengatakan, ia dan delapan orang yang berasal dari desa yang sama, telah dua jam mengantri di bank tersebut.

"Dari pukul 09.00 WIB tadi pak, saya dan kawan-kawan satu desa sudah disini," ujar dia, kemarin.

Kartini mengaku, meski tahun 2021 ini dana bantuan yang diberikan hanya Rp1,2 juta, tidak seperti tahun 2020 lalu dimana tiap UMKM mendapatkan Rp2,4 juta, namun ia dan teman-temannya merasa sangat terbantu.

"Tahun kemarin sudah pernah dapat, dan ini Alhamdulillah dapat lagi," sebutnya.

Hal sama juga disampaikan oleh Almusa (51). Warga asal Kelurahan Ranai Darat ini pun datang ke Bank BRI untuk menerima pencairan BPUM.

"Kita diminta membawa fotocopy KTP, rekening bank dan mengisi surat pernyataan dari bank," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, bantuan BPUM sendiri merupakan bantuan langsung dari Presiden Joko Widodo melalui Kementrian Koperasi. Pada tahun 2020 sebelumnya, untuk nilai bantuan per UMKM di kucurkan sebesar Rp2,4 juta.

Namun karena keterbatasan anggaran, diputuskan untuk program BPUM tahun 2021, kini hanya bisa mencairkan sebesar Rp1,2 juta per UMKM.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews