Bayi Lahir di RSUD Meranti Langsung Dapat Dokumen Kependudukan

Bayi Lahir di RSUD Meranti Langsung Dapat Dokumen Kependudukan

Ilustrasi.

Meranti, Batamnews - Masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti tak perlu risau dengan kepengurusan dokumen kependudukan bagi bayi yang baru dilahirkan. 

Jika proses persalinan atau melahirkan dilakukan di RSUD Meranti akan langsung mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Kelahiran.

Tak hanya itu saja, Kartu Keluarga (KK) yang baru juga bisa langsung didapatkan saat bagi akan keluar dari reumah sakit pelat merah itu.

"Ini merupakan salah satu program Bupati Meranti yang menginginkan pengurusan administrasi kependudukan cukup diproses satu hari saja," kata Rio Hilmi selaku Kepala Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Meranti, Rabu (14/4/2021).

Usai proses persalinan, pengurusan dokumen kependudukan bisa langsung dilakukan. Cukup dengan menyerahkan KTP, buku nikah, KK serta surat lahir balita yang dikeluarkan oleh RSUD.

"Ini hanya berlaku untuk masyarakat tempatan (warga Meranti). Nanti petugas kami yang di RSUD akan melakukan pengurusannya. Waktunya tak lama, paling selesai 15 menit saja," terangnya.

Lalu, setelah proses itu selesai, masyarakat tinggal menunggu paket dari petugas Disdukcapil yang berisikan dokumen lengkap. 

"Dokumen yang diberikan yakni KIA dan KK baru yang ada nama bayinya. Akta kelahiran bayi juga ada," akunya.

"Kalau selama ini pengurusannya agak lama, kini mereka bisa dapatkan saat keluar dari rumah sakit yang tentunya memberikan kemudahan bagi orangtua ataupun keluarga," tambah Rio.
 
Tidak hanya melakukan pelayanan pada jam kerja, inovasi ini tetap melayani masyarakat meskipun pada hari libur.

"Misalnya proses persalinan pada hari Sabtu atau Minggu, kami siap melayani dan memprosesnya. Intinya jangan sampai ada kerusakan teknis yang mengganggu proses ini, semacam kerusakan jaringan, listrik mati ataupun kerusakan pada printer," paparnya.

Selain dengan RSUD, Disdukcapil juga akan bekerjasama dengan beberapa puskesmas dan klinik yang ada di Meranti. Tujuannya agar bayi yang dilahirkan di tempat-tempat tersebut bisa menikmati kemudahan dalam kepengurusan administrasi kependudukan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews