Jelang Ramadan, Harga Ayam Potong di Meranti Mulai Merangkak Naik

Jelang Ramadan, Harga Ayam Potong di Meranti Mulai Merangkak Naik

Ilustrasi.

Meranti, Batamnews - Sejumlah komoditas bahan pokok di Kabupaten Kepulauan Meranti, menjelang Bulan Suci Ramadan 2021.

Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop UKM) Meranti, Ade Suhartian mengungkapkan bahwa sejumlah harga komoditi mulai merangkak naik, namun tidak signifikan. 

"Yang naik biasanya jelang puasa ini harga cabai, bawang, ayam potong dan daging," ungkap Ade, Kamis (8/4/2021).

Dijelaskannya, untuk cabai merah besar dari harga Rp 60.000 sekarang naik menjadi Rp 61.667. Cabai rawit dari harga Rp 53.333 naik menjadi Rp 58.333 dan cabai rawit cakra Rp 56.667 naik menjadi Rp 61.000 perkilogram. 

Kemudian, untuk harga bawang merah masih stabil, yakni Rp 34.000. Harga bawang putih juga masih sama, yakni Rp 26.667. Sedangkan daun bawang harganya agak sedikit naik, dari Rp 14.667 menjadi Rp 18.667 perkilogram. 

Selanjutnya, harga ayam potong naik dari Rp 40.333 menjadi Rp.45.000. Begitu juga dengan harga ayam ras kotor, dari sebelumnya Rp 30.333 naik menjadi Rp 35.000. Sementara harga daging sapi masih stabil, yakni Rp 130.000 perkilogram. 

Ade mengaku, kenaikan sebagian harga tersebut didasari dengan meningkatnya daya beli masyarakat jelang bulan suci ramadhan ini.

"Memang banyak kebutuhan masyarakat jelang puasa, dan lagian kenaikan memang acuannya pada daerah lain. Seperti ayam potong yang kita dapat dari lampung, dan sudah mengalami kenaikan dari sana," terangnya. 

"Saat ini harga masih naik sedikit, belum terlalu signifikan. Biasanya tiga hari menjelang puasa itu sudah mulai naik lagi," tambah Ade lagi.

Kendati harga pangan terus mengalami kenaikan, pihaknya tetap menjamin kebutuhan stok seperti beras, gula dan bahan pokok (bapok) lainnya. Dipastikan pula, saat ramadhan akan tetap tersedia. 

"Kalau untuk stok kebutuhan tetap ada dan masih tersedia. Kita juga akan terus melakukan pemantauan harga di lapangan jelang bulan suci Ramadan," pungkasnya. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews