Syahid Ridho Minta Pemprov Kepri Perbanyak Status Desa Maju dan Mandiri

Syahid Ridho Minta Pemprov Kepri Perbanyak Status Desa Maju dan Mandiri

Muhammad Syahid Ridho (Foto:ist)

Batam, Batamnews - Sekretaris Komisi I DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Muhammad Syahid Ridho berharap agar Pemerintah Provinsi (Pemprov), meningkatkan status desa di Kepri menjadi maju dan mandiri.

Berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) yang dirilis Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal dari 275 desa yang ada di Kepri hanya 1 desa mandiri 47 desa terkategorikan maju, 193 desa berkembang, 34 desa tertinggal dan untuk desa sangat tertinggal tidak ada.

"Kita bersyukur tidak ada desa sangat tertinggal di Kepri, tapi jumlah desa berkembang dan tertinggal juga cukup banyak. Saya berharap Kepri bisa mengejar dan menggenjot desa yang berkembang menjadi desa maju dan lebih baik lagi menjadi desa mandiri, desa harus jadi tonggak kemajuan di Provinsi Kepri," kata Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

IDM adalah rujukan untuk mengetahui kemajuan pembangunan desa. Sebagai basis data, IDM disusun dengan menggunakan data Podes tahun 2014 yang terdiri dari 3 (tiga) dimensi yaitu: sosial, ekonomi, dan budaya. Ketiga dimensi terdiri dari variabel, dan setiap variable diturunkan menjadi indikator operasional. Jumlah variabel dalam IDM sebanyak 22 variabel dan indikator sebanyak 52 indikator.

"Kita terus mendorong Pemprov Kepri untuk memajukan desa lewat pembangunan yang sifatnya fisik tapi SDM juga, kita ingin desa maju dan Kepri sejahtera lewat desa-desanya semoga ke depan semakin banyak desa yang maju dan mandiri," harap Ridho.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews