TNI Bangun Markas Gugus Tempur Laut di Natuna

TNI Bangun Markas Gugus Tempur Laut di Natuna

Peletakan batu pertama pembangunan markas Gugus Tempur Laut I di Natuna oleh Panglima TNI dan Kapolri. (Foto: Yanto/batamnews)

Natuna, Batamnews - TNI membangun markas Gugus Tempur Laut I di Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau. Markas komando ini akan menjadi bagian dari Komando Pelaksana Operasi Tempur di kawasan barat Indonesia.

Peletakan batu pertama pembangunan markas Gugus Tempur Laut I ini dilakukan langsung oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal (Pol) Listiyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, Selasa (6/4/2021).

Panglima TNI mengatakan bahwa pembangunan dua fasilitas Militer ini menjadi simbol kesiapan pemerintah Republik Indonesia melalui TNI sebagai garda terdepan dalam menegakan kedaulatan NKRI khususnya di wilayah Laut Indonesia.

Terlebih, wilayah perairan Natuna memiliki nilai strategis dan banyak menjadi rebutan negara negara tetangga, sehingga wajib dijaga kedaulatannya. 

"Selain pada fasilitas militer, TNI juga berkomitmen untuk melaksanakan program modernisasi Alutsista secara bertahap untuk mencapai minimun Essential Force pada tahun 2024," kata Hadi Tjahjanto. 

Sektor penguatan pertahanan Nasional diakuinya perlu terus ditingkatkan, baik di fasilitas militer maupun alutsista-nya. Dengan terwujudnya kemandirian pertahanan maka akan bisa meningkatkan sektor ekonomi negara dan kesejahtraan masyarakat. 

Panglima TNI dalam kunjungannya ke Natuna juga dijadwalkan meresmikan kapal selam baru yaitu KRI Alugoro 405 milik TNI AL dan meninjau proses vaksinasi di Lanud Raden Sadjad Ranai.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews